Sujadi Minta Kepala Pekon Bina Warganya Agar Tidak Terpapar Radikalisme

Bupati Pringsewu, Sujadi

BlogGua, Pringsewu - Kepala Pekon mempunyai kedudukan strategis untuk membina dan membimbing warganya agar tidak terpapar dengan faham radikalisme.

Hal tersebut dikatakan Bupati Pringsewu, Sujadi pada acara pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kabupaten Pringsewu periode 2021-2026 di Aula Utama Pemkab Pringsewu, Rabu (17/11/21).

Bupati juga meminta Kepala Pekon untuk memantau kondisi di wilayahnya, agar Kabupaten Pringsewu tidak menjadi merah untuk masalah radikalisme dan terorisme.

"Jangan sampai ada negara dalam negara. Pancasila, Bhinneka Tunggal Ika, NKRI dan UUD 1945 sudah final dan tidak bisa diutak-atik lagi," tegasnya.

Sementara itu, terkait penggunaan Dana Desa, Sujadi mengingatkan Kepala Pekon untuk selalu berpedoman kepada aturan perundang-undangan yang berlaku.

"Kami tidak kurang-kurangnya berusaha agar setiap permasalahan yang ada dapat diselesaikan melalui APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah, red.). Kalau memang tidak dapat diselesaikan lewat APIP, baru melalui APH (Aparat Penegak Hukum, red.)," ucapnya.

Bupati Pringsewu juga mengucapkan selamat dan apresiasi kepada para pengurus APDESI Kabupaten Pringsewu yang baru dilantik, dan berharap dapat mengemban serta melaksanakan amanah dengan baik.

"Bersyukur suksesi kepengurusan APDESI ini dapat dilaksanakan dengan baik dan memenuhi  ketentuan serta mekanisme yang ada sesuai AD-ART. Adanya riak-riak yang terjadi merupakan hal yang  wajar. Semoga pengurus yang baru dapat membina dengan baik seluruh anggotanya," harapnya.

Sementara Ketua DPD APDESI Provinsi Lampung, Suhardi mengatakan, tantangan yang akan dihadapi APDESI kedepan akan semakin berat. Karenanya, ia meminta seluruh anggota APDESI untuk selalu kompak dan bersatu.

"Tidak ada masalah yang tidak dapat diatasi," katanya.

Suhardi juga menyampaikan perjalanan panjang kepengurusan APDESI Kabupaten Pringsewu, dimana selama dua tahun dipimpin oleh Plt Ketua, hingga akhirnya dapat dilaksanakan muscab dan terpilih ketua serta kepengurusan APDESI Kabupaten Pringsewu yang baru.

Dalam pada itu, Ketua DPC APDESI Kabupaten Pringsewu Abidin mengatakan tugas APDESI diantaranya adalah mengangkat harkat dan martabat pemerintahan desa sehingga memberikan manfaat baik kepada anggotanya maupun seluruh masyarakat.

"Oleh karena itu, kami mengharapkan bantuan serta bimbingan agar APDESI Kabupaten Pringsewu dapat berkembang dan maju," harapnya.

Acara  pelantikan DPC APDESI Kabupaten Pringsewu ini juga dihadiri Wakil Bupati Pringsewu Fauzi beserta jajaran Pemkab Pringsewu. Adapun para pengurus DPC APDESI Kabupaten Pringsewu yang dilantik, yakni Ketua Abidin (Kapekon Margakaya), Wakil Ketua Nursalim (Kapekon Wargomulyo), Sekretaris Catur Budi Pramono (Kapekon Tambahrejo Barat), Wakil Sekretaris Solikin (Kapekon Mulyorejo), Bendahara Ali Mustofa (Kapekon Waringinsari Timur), Wakil Bendahara Gunawan (Kapekon Waluyojati), serta beberapa ketua bidang dan anggota. (Diskominfo Pringsewu)