Pemkab Tanggamus Siap Dukung Penuh Program I-Care Menteri Pertanian

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (tengah)

BlogGua, Tanggamus - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus telah siap dan akan memberi dukungan penuh terhadap pelaksanaan Program I-Care yang digagas oleh Kementrian Pertanian dan pihak-pihak terkait.

Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani saat menerima kunjungan Kegiatan Observasi Kedua Tim I-Care Litbang Kementerian Pertanian dan Bappenas RI terkait kesiapan Program I-Care Kabupaten Tanggamus, di Ruang Rapat Utama Pemkab Tanggamus, Rabu (17/11/2021).

"Dengan adanya Program ini diharapkan terjadi peningkatan produksi pada sektor perkebunan dan peternakan yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat pada umumnya, dan hal ini sesuai dengan VISI kami dalam memimpin Kabupaten Tanggamus, yaitu mewujudkan masyarakat Tanggamus yang Tangguh, Agamis, Mandiri, Unggul dan Sejahtera," imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati mengucapkan terimakasih dan memberi apresiasi kepada Kementerian Pertanian, karena telah menjadikan Kabupaten Tanggamus sebagai salah satu lokus Program I-Care, yang berada di 3 Kecamatan, yakni: Kecamatan Airnaningan, Kecamatan Ulubelu dan Kecamatan Pulaupanggung. 

Lebih lanjut Bupati menyampaikan bahwa Pemkab Tanggamus telah dan akan melaksanakan beberapa program dan kegiatan yang mendukung pelaksanaan Program I-Care, antara lain:

1. Peningkatan dan rehabilitasi drainase;

2. Peningkatan jalan pemukiman dan akses menuju perkebunan; 

3. Pembuatan Tugu Icon Lokasi I-Care.

Dengan rencana anggaran pertahun-nya dimulai tahun 2021 s/d 2027 dengan budget sekitar 8 sampai 12 miliar setahun, selain itu nantinya di tahun 2022-2027 melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Tanggamus akan melaksanakan kegiatan sebagai upaya mendukung program I-Care.

"Diharapkan dengan adanya program ini, dapat menjadi angin segar pada petani terhadap pengembangan sektor perkebunan dan perternakan sehingga kedua sektor tersebut tetap berjaya di Bumi Begawi Jejama ini," tandas Bupati.

Sementara Peneliti Litbang Pertanian, Dwi Priyanto menyampaikan bahwa dalam kunjungannya tersebut untuk merangkum dan mengklarifikasi konsep dan roadmap program I-Care di Kabupaten Tanggamus dari tahun 2022 sampai 2027.

"Mudah-mudahan kegiatan ini kedepannya segera berjalan dan membuahkan hasil yang lebih baik dan maju, memacu semangat petani dalam melaksanakan pertanian dan ternak. Menjadi kebanggaan Kabupaten Tanggamus dalam sebuah keunggulan - keunggulan yang dimiliki," harap Dwi.

Dikesempatan yang sama, Perwakilan Bappenas RI, Zulfriandi menyatakan bahwa pada tahun 2021, sektor pertanian di Kabupaten Tanggamus dinilai cukup berhasil.

Zulfriandi berharap Program I-Care didukung pula oleh perangkat daerah lainnya, baik dalam peningkatan infrastruktur pendukung maupun pemasarannya. 

"Harapan kami sesuai projek, kegiatan ini tidak berhenti cukup disini, harus ada kelanjutan kedepannya yang dapat menghasilkan kemajuan lebih baik lagi dari tiga lokasi yang ada di Kabupaten Tanggamus ini," harapnya. 

Hadir dalam kunjungan tersebut, Peneliti Balitbang Pertanian Kementan April Hari Wardana, Peneliti Balitbang Ternak Dwi Priyanto, Peneliti Loka Penelitian Kambing PotongAndi Tarigan, Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPPTP) Lampung Jekvy Hendra, Perwakilan Kementerian Bappenas RI Zulfriandi.

Turut mendampingi Bupati, Ketua DPRD Heri Agus Setiawan, Kepala Bapelitbang Hendra Wijaya Mega, Asisten Bidang Ekbang Sukisno, Kadis Ketahanan Pangan Pertanian dan Holtikultura Catur Agus Dewanto, Kadis Peternakan dan Perkebunan Dhani Riza, Camat Airnaningan, Camat Ulubelu dan Camat Pulaupanggung.(Kominfo/jal)