Bupati Tanggamus Ajak Seluruh OPD Dukung Program TP-PKK

Bupati Tanggamus, Dewi Handajani (masker Abu-abu)

BlogGua, Tanggamus - Bupati Tanggamus, Dewi Handajani mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Tanggamus untuk terus mendukung dan bersinergi dengan Tim Penggerak PKK dalam melaksanakan program-programnya.

"Mari kita dukung bersama pelaksanaan program-program TP-PKK di Kabupaten Tanggamus yang bertujuan memberdayakan masyarakat menuju sejahtera yang merupakan cita-cita kita bersama," tutur Dewi saat menghadiri Acara Apresiasi Pelaksana Program Tim Penggerak PKK Terbaik Tahun 2021 dan Penganugerahan Pemenang Lomba Vlog Peran Remaja Cegah dan Tanggulangi COVID-19 di GSG Pekon Gistingbawah, Rabu (6/10/2021).

Sebelumnya Dewi menyampaikan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan dan menurut Dewi, Gerakan Pemberdayaan Masyarakat yang dilaksanakan di Kabupaten Tanggamus sangat luar biasa. Karena, lanjut Dwi, tidak hanya terbatas pada ibu-ibu tetapi sudah menyentuh pada remaja atau generasi muda.

"Hal ini tentu merupakan prestasi yang sangat membanggakan dan perlu diberi apresiasi, dan faktanya baru-baru ini Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus juga telah menerima penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) 2021 dari BKKBN,"tutur Dewi seraya mengingatkan,"Penghargaan MKK ini diberikan sebagai apresiasi atas kepedulian dan dukungan terhadap kemajuan Program Keluarga Berencana. Hal ini menunjukkan bahwa TP-PKK Tanggamus dan jajarannya memang sudah tidak diragukan lagi kiprahnya dalam bermitra dengan Pemerintah dan OPD dalam mendukung program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat," tandasnya.

Sementara, Ketua TP PKK Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i dalam laporannya menyampaikan tujuan kegiatan adalah untuk memberikan  penghargaan dan memotivasi TP-PKK Kecamatan, TP-PKK Pekon dan kader-kader PKK serta kader-kader Posyandu Remaja agar terus semangat melaksanakan 10 Program Pokok PKK.

"Apresiasi diberikan kepada pekon percontohan yang telah dibina oleh TP-PKK secara komprehensip dan di evaluasi oleh TP-PKK Kabupaten, sehingga diperolah Terbaik 1, 2 dan 3, yakni Terbaik 3 pekon percontohan Sinarbanten Kecamatan Talangpadang, Terbaik 2 Pekon Ngarib Kecamatan Ulubelu, dan Terbaik ke 1 Pekon Datarajan Kecamatan Ulubelu," terang Sri Nilawati.

Lanjut Sri, apresiasi juga diberikan kepada kecamatan yang telah melaksanakan program unggulan Pokja 1, 2, 3 dan 4, sehingga dari hasil evaluasi ditetapkan Pelaksana Terbaik Pokja 1 Posyandu Remaja, Pelaksana Terbaik Pokja 2 UP2K, Pelaksana Terbaik Pokja 3 Hatinya Suka PKK dan Pokja 4 terkait Upaya Pencegahan Covid-19.

"Pokja 1 Pekon Gistingbawah Kecamatan Gisting, Pokja 2 Pekon Airnaningan Kecamatan Airnaningan, Pokja 3 Pekon Campang Kecamatan Gisting,  Pokja 4 Kelurahan Pasarmadang Kecamatan Kotaagung. Sedangkan Penganugerahan diberikan kepada Pemenang Lomba Vlog dengan tema : Saatnya Remaja Berperan Cegah Covid-19, ditetapkan Juara 1, 2, 3 dan Juara Terfavorit. Terbaik ke 3 Posyandu Remaja Pekon Tegalbinangun Kecamatan Sumberejo, Terbaik ke 2 Pekon Sudimoro Kecamatan Semaka, Terbaik ke 1 Posyandu Remaja Pekon Sukanegeri Jaya Kecamatan Talangpadang," jelasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan acara, Ketua TP PKK Tanggamus Hj Sri Nilawati, Ketua Darma Wanita Persatuan yang juga Ketua GOW Tanggamus, Ketua IKADA, Ketua Bhayangkari, Ketua Persit Kartika Candra Kirana, Ketua Dharmayukti Karini, para Kepala Perangkat Daerah, serta jajaran pengurus TP PKK Kabupaten Tanggamus. Kegiatan diikuti juga secara virtual oleh para Ketua TP PKK Kecamatan, Pekon Percontohan, serta kader Posyandu Remaja di Kabupaten Tanggamus. (Kominfo/den)