DPP Asosisasi Jurnalis Online Lampung Gelar Rapat Kerja di Tanggamus

Ketua Umum DPP Asosiasi Jurnalis Online Lampung, Romzy Hermansyah.R.SP (Tengah)

BlogGua, Tanggamus - Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Jurnalis Online Lampung gelar rapat kerja pemantapan program kegiatan organisasi. Rapat kerja berlangsung di Sekretariat Dewan Pengurus Daerah (DPD) Kabupaten Tanggamus di Jl.Babinsa, Pekon Tanjung Anom Kecamatan Kota Agung Timur Kabupaten setempat, Senin (13/09/2021).

Dalam agenda itu dihadiri, Ketua Umum (Ketum) DPP Asosiasi Jurnalis Online Lampung, Romzy Hermansyah.R.SP, Sekretaris Umum Pazri Romi didampingi Wakil Ketua Umum I Bidang SDM, Keorganisasian dan Kejurnalistikan, Junaidi Ismail, Wakil Ketua Umum II Bidang Literasi Media, Usaha Bisnis Digitalisasi, Kerjasam dan Kemitraan, Damhir Idris, Bendahara Umum D.Sodiq Permono, di ikuti segenap kepengurusan Asosiasi Jurnalis Online Lampung DPD Kabupaten Tanggamus.

Dikesempatan itu, pemaparan program kerja disampaikan oleh Waketum I dan Waketum II, sekaligus penegasan tugas fungsi setiap bidang-bidang keanggotaan tergabung. 

Dijelaskan juga oleh Ketum DPP, Romzy Hermansyah sekaligus menegasan bahwa, Asosiasi Jurnalis Online Lampung bukan organisasi yang hanya duduk berkumpul. Organisasi kejurnalistikan ini mempunyai program kerja (progja) yang cukup panjang dan penuh dengan komitmen menjalankannya. 

Pertama, mendayagunakan SDM kerjurnalistikan dalam menjalankan tugas dan profesi sesuai kaedah dan kode etik serta UU Pers. Keberadaan Asosiasi Jurnalis Online Lampung, mempunyai visi misi mewujudkan kemerdekaan pers, membantu serta menjalankan ketentuan program Dewan Pers dalam sertifikasi serta kompetensi jurnalis digital, dimulai dari lokal Provinsi Lampung.

"Dapat kita buktikan dengan giat kinerja profesi jurnalis bagaimana sejatinya jurnalis tergabung dalam organisasi kita. Secara bertahap dilaksanakan semua progja organisasi sesuai ADART dan Peraturan Organisasi serta etik Asosiasi Jurnalis Online Lampung. Semua di tekankan pada peningkatan SDM internal kepengurusan dan keanggotaan. Jika semua terlaksana dengan baik, maka output nya juga akan baik,"tegasnya.

Bicara soal digitalisasi media, Romzy mengatakan, semua lini menengenai hal digitalisasi ada di Asosiasi Jurnalis Online Lampung, selain dari peningkatan SDM jurnalis digital, juga ada giat progja penyajian informasi berbasis data base tingkat desa yang berisikan potensi SDA, giat dan data lain yang pastinya perlu di Up berkala dalam data base informasi desa melalui platform Asosiasi Jurnalis Online Lampung.

"Ini semua masuk dalam keharusan dilaksanakan yang nantinya menghasilkan output database riil sebagaimana penyetaraan informasi data yang di laksanakan oleh pemerintah melalui program-programnya, termasuk juga dalam program pengentasan kemiskinan. Artinya, Asosiasi Jurnalis Online Lampung lengkap dengan SDM digitalisasi hingga lini masayarakat dan dunia bisnis usaha di sajikan dan dilatih bersama dengan Dewan Profesi kita yakni Edukasi 4.0 Lampung bertaraf Nasional Go Internasional dibawah pimpinan Ketua Dewan Profesi Rajive Dewangga,"jelasnya.

Semuanya, Romzy menambahkan, ada pada wadah profesi kita dalam Asosiasi Jurnalis Online Lampung dengan Pembina di Pusat yakni Pembina I, Hendrata Yudha, Bidang Kejurnalistikan dan Digitalisasi, Pembina II Maria Olivia, Bidang SDM, Usaha bisnis Digitalisasi. 

"Maka itu, kepada segenap kepengurusan dan anggota tergabung, harus pahami ADART, PO dan Kode Etik Asosiasi Jurnalis Online Lampung. Kepada segenap Kepengurusan DPD diminta untuk segera membentuk Pengurus Kerja (Pengja) tingkat Kecamatan guna terlaksananya program kerja nyata dalam organisasi kita. Kita mulai di Provinsi Lampung melalui tiap daerah yang ada,"pungkasnya. (Asosiasi Jurnalis Online Lampung)