Sekdaprov Lampung Gelar Rapat Teknis Bersama Distributor Oksigen Medis

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto

BlogGua, Bandar Lampung - Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto didampingi Kepala Dinas Kesehatan dan  Kepala Dinas Perindag memimpin  rapat teknis bersama  para pimpinan perusahaan distributor oksigen medis, usai mengikuti rapat konsolidasi bersama Kabupaten/Kota  bertempat di Mahan Agung, Senin (26/07/2021).

Rapat teknis dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari rapat konsolidasi yang dipimpin Gubernur Lampung pada Senin pagi yang salah satu pokok bahasannya adalah tentang pasokan  oksigen medis pada Rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung.

Dalam arahannya, Sekdaprov meminta kepada seluruh perusahaan distributor  oksigen medis agar fokus pada penanganan pasokan oksigen medis  ke beberapa rumah sakit yang saat ini memiliki keterbatasan pasokan.

Rapat yang dipimpin langsung Sekdaprov  diikuti oleh perusahaan  distributor oksigen, yaitu :

1.  CV. Bumi Waras divisi gas oksigen. 

2. PT. Aneka Gas Lampung

3. PT. Perwira. 

4. PT. KDK. 

5. PT. Buana Cipta Niaga. 

6. PT. Asiana. 

7. PT. Lampung Gas. 

8. PT. Prima Gas. 

9. PT. Samator. 

10. PT. Pusri

11. PT. Natarang Mining. 

Sekdaprov mengungkapkan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung telah mengambil langkah penanganan Covid -19, yaitu dengan membentuk Satgas Oksigen dan menjalin kerjasama dengan distributor  oksigen medis.

Menindak lanjuti arahan Gubernur, Sekdaprov langsung mengumpulkan para distributor oksigen medis  dan melakukan pembahasan secara teknis menyangkut pasokan oksigen untuk memenuhi kebutuhan dibeberapa rumah sakit yang ada di Provinsi Lampung. Hal  tersebut direspon dengan baik dan ditindaklanjuti oleh seluruh distributor gas diantaranya  PT. Pusri, CV. Bumi Waras, PT. Lampung Gas, PT. Aneka Gas (Samator)  dan PT. Natarangmaining yang pengangkutannya dilakukan oleh PT. Pusri dan PT. Lampung Gas yang diupayakan akan   mulai memenuhi kebutuhan oksigen mulai hari ini dengan kapasitas 34 ton..

Sesuai data yang diperoleh dari rapat konsolidasi pada hari ini, terungkap kekurangan tabung oksigen keseluruhan berjumlah sekitar  4.000 tabung dan angka rersebut masih akan di verifikasi oleh Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota.

Provinsi Lampung mendapat bantuan oksigen cair dari.PT. Sinar  Mas yang berlokasi di Sumatera Selatan (OKI), oksigen cair tersebut selanjutnya akan  diangkut  dengan tangki dari PT. Pusri sebanyak 10 ton, PT. Lampung Gas dengan kapasitas sebanyak 29 ton dan mulai berangkat pada malam ini, sehingga dapat langsung didustribusikan  kepada rumah sakit di Lampung.

Pada prinsipnya seluruh distributor oksigen berkomitmen untuk membantu pasokan oksigen untuk keperluan penanganan covid-19 di Lampung, namun para distributor juga berharap bantuan Pemerintah Provinsi Lampung untuk mendorong Pemerintah Pusat terkait pasokan bahan baku oksigen berupa Liquid oksigen agar kebutuhan oksigen medis dapat terpenuhi. (Diskominfotik).