Jika Science Berpadu Dengan Pertunjukan Musikal, Apa yang Terjadi?

Proses pertunjukan seni Bianglala

BlogGua, Bandung 
- Ilmu Pengetahuan Alam seringkali menjadi momok bagi anak-anak usia belajar. Namun, bagimana jika Ilmu Pengetahuan Alam disampaikan melalui cerita imajinatif dalam pertunjukan musikal? 

Program Musik Anak Bandung Philharmonic mempersembahkan zoomsical “Bianglala”. Sebuah pertunjukan musikal yang menceritakan proses terjadinya pelangi lewat dongeng dan nyanyian. Warna-warna pelangi dan benda-benda langit hadir sebagai tokoh-tokoh dengan karakter yang seru untuk anak-anak. Pembiasan cahaya dan piringan Newton pun dipaparkan dalam nyanyian yang menyenangkan.   

Zoomsical—gabungan “zoom” dan “musical”—adalah format pertunjukan musikal yang menggabungkan dialog, musik, dan lirik. Digarap dengan interaksi fisik seminimal mungkin dan ditayangkan secara daring melalui platform Zoom.  

“Kata-katanya sungguh puitis bahkan science-nya juga ada. Jadi untuk anak-anak ini sangat mudah dicerna dan menginspirasi sekolah tentunya,” ujar Ibu Surlinah, Kepala Sekolah SD BPK Bandung ketika ditemui di acara preview zoomsical “Bianglala” Minggu (5/6/2021).

Nathania, pengaba dari Trust Orchestra, mengungkapkan hal senada, “(Ilmu Pengetahuan Alam) penyampaiannya kadang-kadang susah. Ternyata bukan nggak mungkin disampaikan dengan musik. Bisa jadi ide untuk teman-teman pendidik. Perpaduan yang manis banget.”

Jika penasaran, simak informasinya di akun Instagram @bandungphil. Ajak anak Anda menyaksikan pertunjukan unik ini pada tanggal 12-13 Juni 2021 melalui platform zoom. Tiket seharga Rp 50.000,00 per device dapat dipesan melalui whatsapp ke 082118065573. (rls)