Sekdaprov Lampung Hadiri Bimtek Pembinaan Ideologi Pancasila

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto. Foto: Diskominfotik/BlogGua

BlogGua, Bandar Lampung
- Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto, menghadiri acara Bimbingan Teknis bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung dengan Tema "Pembinaan Ideologi Pancasila dan Wawasan Kebangsaan" di Hotel Novotel, Selasa (16/02).

Pancasila memiliki kedudukan strategis sebagai dasar pemersatu bangsa. Kedudukan Pancasila harus terus dipertahankan dan dilestarikan melalui upaya revitalisasi dan aktualisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sebagai landasan yang kokoh baik secara filosofis, yuridis, maupun sosiologi. Pancasila sebagai ideologi nasional haruslah melibatkan semua komponen bangsa.

Pembinaan ideologi Pancasila merupakan solusi bagi penanggulangan kemerosotan kebangsaan yang semakin memprihatinkan dan harus dapat membawa perbaikan persepsi dan perilaku masyarakat dalam menata ulang tatanan kehidupan masyarakat yang multikultural berdasarkan pada nilai-nilai kebangsaan serta menumbuh kembangkan rasa solidaritas dan kegotongroyongan pada seluruh komponen masyarakat sebagai upaya memberikan pemaknaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Dalam sambutannya, Fahrizal mengatakan Pemerintah Provinsi Lampung turut ikut serta dalam membumikan nilai-nilai Pancasila diantaranya melalui kegiatan seminar, bimbingan teknis, dan upaya lain yang diikuti mulai dari pelajar, mahasiswa, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan lain sebagainya.

Hal ini dilakukan untuk memberikan pemahaman pentingnya ideologi Pancasila sejak dini dan untuk membentengi diri dari organisasi-organisasi dan gerakan-gerakan yang anti Pancasila, anti UUD 1945, anti NKRI, dan anti Bhinneka Tunggal Ika.

Menurut Fahrizal, penyelenggaraan Bimtek ini sangat tepat sebagai pembekalan bagi Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Lampung dalam rangka upaya mensosialisasikan kepada konsituen di daerah pemilihan di Kab/Kota se-Provinsi Lampung.

"Saya mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk kepada peserta yang hadir, untuk bersatu padu dan secara terus menerus mengamalkan Pancasila sebagai ideologi Bangsa Indonesia di dalam kehidupan kita sehari-hari, sehingga dapat tercipta suasana aman, nyaman, dan tenteram di daerah sai bumi ruwai Jurai yang sama-sama kita cintai," ungkap Fahrizal.

"Terlebih saat ini Provinsi Lampung di tengah pandemi Covid-19 terus berakselerasi melakukan percepatan pembangunan di berbagai sektor dengan memanfaatkan keunggulan dan kearifan lokal, tentunya situasi aman dan kondusif merupakan salah satu kunci sukses keberhasilan pembangunan menuju rakyat Lampung berjaya," pungkas Fahrizal menutup sambutannya.

(Diskominfotik)||editor:pzr

0 Komentar

Silahkan Komentar