Wagub Lampung Paparkan 4 Prinsip Nilai Ahlussunah Wal Jama'ah

BlogGua, Metro - Wakil Gubernur, Hj. Chusnunia Chalim yang kerap disapa Ibu Nunik, menjadi keynote speaker dalam acara Stadium General dengan tema "Garda Terdepan Dalam Memperkokoh NKRI Melalui Internalisasi Nilai-nilai ASWAJA" di Kampus Institut Agama Islam Ma'arif NU Kota Metro, Sabtu (7/9/2019).

Dalam kegiatan yang dihadiri mahasiswa baru dan segenap civitas akademika Kampus, Wagub Nunik menyampaikan pentingnya semangat cinta tanah air, karena cinta tanah air adalah sebagian dari iman, Hubbul Wathon Minal Iman.

Beberapa hal yang menjadi prinsip Nilai Ahlussunah Wal Jama'ah untuk dipedomani dalam aspek kehidupan, yaitu;

  1. Tawauth (moderat)


Sikap tengah yang tidak ekstrim dan tidak memihak

  1. Tawazun (berimbang)


Mengambil keputusan dengan penuh pertimbangan

  1. Ta'adul (adil)


Proporsional berdasarkan hak dan kewajiban

  1. Tasamuh (toleransi)


Menyikapi perbedaan dan kemajemukan.

Lebih lanjut, Nunik menjelaskan, para ulama yang ikut andil dalam mendirikan bangsa ini paham betul dengan kemajemukan yang ada di Indonesia, sehingga rumusan Pancasila tidak berketuhanan berdasarkan syariat Islam.

Wagub juga berpesan kepada mahasiswa agar terus mengembangkan potensi diri, sebab ilmu bukan hanya ada di dalam kegiatan akademik. Respon terhadap perubahan perkembangan zaman, tetap mengamalkan nilai luhur sebagai ajaran Rasulullah, menjadi agent of change dan mengembangkan pendidikan yang berkarakter.

(Red)

0 Komentar

Silahkan Komentar