Jokowi: Pospera Harus Tetap Semangat Bantu Korban Tsunami Selat Sunda

Bloggua CN, Lampung Selatan – Sekretaris DPD Pelindung Posko Perjuangan Rakyat (Pospera) Lampung, Toni Rachman sampaikan pesan presiden Joko Widodo, di sela giat para simpatisan, pengurus dan relawan Popera membatu para korban Tsunami Selat Sunda, di Desa Kunjir, Kabupaten Lampung Selatan.

Adapun pesan Joko Widodo “Para simpatisan, pengurus dan relawan Pospera tetap semangat membantu para korban stunami Selat Sunda. Tetap semangat membantu para saudara-saudara yang terkena musibah bencana di sini,”

Demikian yang disampaikan Toni Rachman, saat Presiden Jokowi meninjau lokasi terdampak tsunami di Desa Way Muli dan Desa Kunjir, Rabu 02 Januari 2018. abupaten setempat.

Toni Rachman juga menjelaskan, pesan tersebut dimaknai sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih beliau terhadap pengorbanan seluruh relawan yang sudah ikut membantu para korban tsunami.

"Pernyataan tersebut menurut saya bukan ditujukan hanya untuk Pospera saja, tetapi juga untuk seluruh elemen dan unsur yang terlibat di sini. Seperti TNI, Polri, BPBD, seluruh relawan dari berbagai organisasi yang sudah datang menyalurkan bantuannya serta para donatur di manapun berada,"katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Pospera Lampung, Marsat Jaya menyampaikan, pihaknya mulai turun dengan mendirikan Posko Peduli Bencana Selat Sunda dan Dapur Umum Pospera, sejak Senin 24 Desember 2018.

Selama Posko didirikan hingga saat ini, berbagai bantuan sudah disalurkan. Mulai dari makanan siap saji berupa nasi bungkus untuk pengungsi, beras, mie instan, sayuran, obat-obatan, terpal, tikar, selimut, pakaian dalam, sarung, susu bayi, pempers bayi, masker, pakaian layak pakai, pembalut wanita, peralatan mencuci dan mandi, hingga peralatan sekolah dan sebagainya.

Selain memberikan bantuan berupa makanan Pospera juga mendirikan beberapa tenda pleton untuk digunakan para pengungsi di kaki Gunung Rajabasa. "Setiap hari secara bergantian dengan menggunakan satu unit ambulan kami menyuplai kebutuhan para pengungsi di sana,"ujarnya,

Masih menurutnya, pihaknya akan bekerja semaksimal mungkin mengikuti arahan dari Pelindung Pospera Bapak Jokowi. “Kami akan terus membuka posko di sini hingga tanggap darurat dicabut, situasi normal dan warga turun dari pengungsian untuk menempati rumahnya kembali," tegasnya.

Marsat berharap donasi dan bantuan dari para donatur terus mengalir, sehingga proses rekonstruksi di daerah bencana bisa cepat dilakukan.

"Jika ada yang ingin datang menyumbang langsung bisa datang ke posko kami di Desa Canti, Lampung Selatan tepat di depan Dermaga Canti. Bisa juga di Kantor DPD Pospera di Jl. Soekarno Hatta, (by pass) Bandar Lampung seberang SPBU, RS Imanuel. Atau bisa juga melalui rekening Bank BRI a/n Leni Marlina no rekening : 028501033031505. Atau hubungi no telp saya di 081283908322,"ungkapnya. (Rilis/Red)