Banjir Bandang Rendam 2 Pekon Di Tanggamus

Bloggua CN, Tanggamus - Banjir Bandang kembali melanda wilayah Kabupaten Tanggamus. Kali ini banjir melanda  sejumlah pekon di Kecamatan Bandar Negeri Semuong (BNS), Minggu 20 Januari 2019 (Malam).

Camat BNS, Suwandi menyampaikan melalui pesan whatsapp, dua pekon di wilayahnya dilanda banjir bandang, yaitu Pekon Rajabasa dan Pekon Banding. Banjir diakibatkan jebolnya tanggul Way Banding, dengan ketinggian air selutut orang dewasa.

Banjir juga menggenangi Jalan Lintas Barat Sumatera (Jalinbar-Sum). Sebagian warga sudah mengungsi ketempat aman dan sejauh ini belum ada laporan korban jiwa.

Selain kedua pekon tersebut, warga Pekon Sanggi Unggak Zaidi, juga melaporkan pekonnya turut dilanda banjir, dengan ketinggian air mencapai 1 meter, dan banjir terjadi sekitar pukul 19.00 WIB  .

Kabid Kedaruratan BPBD, Edy Nugroho menyampaikan, saat ini Tim Unit Reaksi Cepat (URC) BPBD Tanggamus, sudah berada di lokasi kejadian, untuk mengantisipasi dampak banjir di lokasi. Terdapat 300 lebih rumah terdampak banjir, saat ini juga BPBD dan SAR sedang menyiapkan perahu karet, untuk mengevakuasi korban banjir.

Sementara itu,  Pj. Sekdakab, Hamid Heriansyah Lubis, telah mengintruksikan BPBD untuk menentukan titik lokasi tanggul yang jebol dan segera mengirimkan excavator untuk memperbaikinya.

“Dihimbau kembali kepada masyarakat tetap waspada dan agar setiap keluarga mengawasi sanak familynya, termasuk lansia jangan sampai lepas pengawasan. Terkait ini, diminta kepada Camat dan Aparatur Pekon, dapat mensosialisasikan kepada masyarakat,”ujarnya.(Kominfo)

0 Komentar

Silahkan Komentar