Dorong Perekonomian Masyarakat, Pemkab Tanggamus Gagas UMKM Manfaatkan SDA

Bloggua CN, Tanggamus – Guna mendorong perekonomian masyarakat Kabupaten Tanggamus menjadi lebih baik lagi, Bupati Tanggamus Dewi Handajani menggagas program UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) dengan manfaatkan sumber daya alam yang ada. Jumat 30 November 2018.


Program UMKM dilandasi ekonomi kerakyatan yang pelaku usahanya adalah masyarakat di Kabupaten Tanggamus. Maka itu, Bupati Tanggamus menginginkan warga masyarakatnya tidak hanya sebagai konsumen tapi sebagai produsen.


Mewakili Bupati Tanggamus, Pj Sekda, Hamid Heriansyah Lubis menyampaikan, pada kesempatan ini, pesan dari Bupati, meminta kepada para Camat, dalam waktu 6 (enam) bulan ini, fokus mendorong, memotivasi dan membina pelaku UMKM di wilayahnya masing - masing.


Dalam hal ini, Pemkab sendiri akan berkerja sama dengan perusahaan yang ada di Tanggamus mengadakan Bazar UMKM, kemudian mengundang para pimpinan pasar modern, elemen organisasi yang berada di luar Tanggamus sebagai ajang mempromosikan produk UMKM dan kerajinan Tanggamus. 


Masih menurut Pj Sekda, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat dengan cara membagi hasil pertanian, perkebunan, perikanan, peternakan dan lainnya, menjadi produk olahan. Sinergitas program dari semua OPD akan menjadi penting, agar masyarakat Tanggamus tidak hanya diposisi sasaran produksi (Konsumen). Bersama - sama jadikan masyarakat Tanggamus sebagai Produsen melalui konsep ekonomi kerakyatan.


“Koperasi ditahun 2019, nanti kita upayakan memiliki dan melakukan ekspor dengan produk olahannya dan bukan lagi hanya ekspor produk mentah. Maka pertumbuhan ekonomi akan cepat, masyarakat juga sejahtera dan memiliki ketahanan ekonomi yang kuat,:”ujarnya. (ls/red)