Pemkab Lampung Utara Laksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

BlogGua CN, Lampung Utara – Pemerintah inginkan seluruh elemen masyarakat, agar dapat terus menjaga nilai dan pemahaman Pancasila serta meningkatkan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


Keinginan tersebut, disampaikan oleh Kepala Kantor Inspektorat, Mankodri saat bertindak selaku Inspektur Upacara peringatan hari lahir Pancasila ke 73, Jum’at (01/06/2018) di halaman kantor Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lampung Utara.


“Kepada seluruh elemen masyarakat, agar dapat terus menjaga Pancasila serta pemahaman dan pengamalan Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara harus terus ditingkatkan,” ujarnya.


Sebelumnya, disampaikan Mankodri bahwa upacara ini meneguhkan komitmen agar lebih mendalami, menghayati dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.


“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses,” lanjut Mankodri,” yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan oleh Ir. Sukarno lalu proses lahirnya Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus1945.”


Lebih lanjut dijelaskan, Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar negara yang kokoh untuk dijadikan sebagai fondasi terbangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat adil dan makmur.


“Dengan modal semangat dan energi kebersamaan,” diyakinkannya bahwa pemerintah akan mampu berprestasi untuk memenangkan kompetisi. “Kita harus melakukan lompatan besar untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang unggul dan tangguh." tegasnya.


Selain itu, lanjut Mankodri, pemerintah mengajak seluruh lapisan elemen bahwa dalam peringatan hari lahir Pancasila disetiap tanggal 1 Juni ini harus dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila. “Marilah kita terus amalkan warisan mulia para Founding Fathers ini untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.”imbuhnya.


[gallery size="large" columns="2" ids="7073,7076"]

 

Tak lupa, Mankodri mengingatkan kembali bahwa dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, Indonesia bisa terhindar dari radikalisme, dapat saling hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan Negara Indonesia.
Dan dengan Pancasila, lanjut Mankodri, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk pembangunan dunia yang damai, adil dan makmur ditengah kemajemukan.


“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Bersatu, Kita berbagi, Kita Berprestasi,”ucapnya mengakhiri pembacaan sambutan Presiden Republik Indonesia, Joko widodo.


penulis: pazri|editor:red

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentarnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget