Tanggamus Segera Fokus Kembangkan Budidaya Pisang

BlogGua CN, Tanggamus - Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus kedepan akan mengembangkan jenis buah yang akan bisa menjadi Komoditas Unggulan di Tanggamus.


Ini dibuktikan dengan mendatangkan Perusahaan skala besar dari Gunung Sugih Lampung Tengah PT. Great Giant Pineapple, Diskusi pematangan Konsep yang bertempat di Ruangan Bupati Tanggamus, Senin (08/01/2018).


Dihadiri oleh Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi M.Pd.i, Perwakilan PT. Great Giant Pineapple, Dan Dinas Pertanian Tanaman Pangan Dan Holtikultura Kabupaten Tanggamus serta Instansi terkait.


Saat di Wawancarai Usai mempresentasikan Jenis Buah Pisang Mas Versi Tanggamus, Sekretaris Dinas Pertanian tanaman pangan dan Holtikultura Joko Prabowo di dampingi oleh Kabid Holtikultura Mansyurin mengatakan bahwa, Pemkab tanggamus dalam waktu dekat akan mengembangkan buah jenis Pisang Mas, aslinya jenis buah pisang ini dari Lumajang Jawa Timur, Lalu di uji coba di Tanggamus, hasilnya terjadi beberapa perubahan setelah penanaman di antaranya tumbuh dengan cepat, serta tekstur rasanya yang lebih enak, dibandingkan di tempat induk aslinya di Lumajang.


"Sentralnya jika di Tanggamus ada di Kecamatan Sumberejo dan Gisting tepatnya pas belakang kantor Camat Gisting yang di kelola oleh Para Poktan yang berada di Naungan dinas pertanian," ucapnya.


Masih menurutnya, untuk itu dalam hal ini Pemkab Tanggamus akan bekerjasama dengan Perusahaan PT. Great Giant Pineapple dalam memback-up permasalahan bibit, pupuk dan penanaman sampai dengan Produksinya nanti, menurutnya, karena jika masalah harga Pisang mas ini sangat tinggi serta luasan lahan yang di punya saat ini yang telah di tanam pisang mas baru mencapai 15 Hektar, setelah adanya kerjasama dengan Perusahaan otomatis Luas lahan akan bertambah.


"Harga pisang mas ini mencapai 2.500 Kg, dan PT. Great Giant Pineapple juga telah siap untuk menampung hasil panen dari petani Tanggamus, kedepan juga akan kita kembangkan juga di Kecamatan lain di Tanggamus, namun Sentralnya tetap di Kecamatan Sumberejo," ucap Joko.


Joko Menambahkan, Bupati Tanggamus sangat menyambut positif dengan adanya pengembangan Pisang mas ini, bekerjasama dengan Perusahaan besar dari Lamteng ini, dan kedepan nanti dia berharap akan bisa menjadi Komoditas Unggulan di Tanggamus.


"Kita berharap dengan buah pisang ini akan menjadi Komoditas unggulan di Tanggamus, di luar adanya buah manggis dan lain-lainnya," pungkasnya.


|rudi,mengabarkan.

0 Komentar

Silahkan Komentar