Sidak Anggota DPRD Lampura, Temukan 100an Ton Rastra/Raskin Tak Layak Konsumsi

BlogGua CN, Lampung Utara - Ratusan ton Beras pra Sejahtera (Rastra) tak layak konsumsi ditemukan di gudang Badan Urusan Logistik (Bulog) Sub Drive Lampung Utara, dimana penemuan itu terungkap saat anggota DPRD setempat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di gudang Bulog, Kamis pagi (8/6/2017).




[caption id="attachment_955" align="aligncenter" width="326"] Ratusan ton beras yang diduga tak layak konsumsi, Kamis 8/6/17[/caption]

"Ya kita mendapat aduan dari masyarakat bahwa beras untuk keluarga miskin atau yang dikenal dengan istilah Rastra sangat tidak layak dikonsumsi. Dan benar saja kami mendapatkan Rastra di gudang Bulog ini bervariasi ada yang sedang, buruk (kuning dan kehitaman) bahkan berkutu," terang Wansori anggota komisi II DPRD, disela sela sidak.


Menurutnya, sebelum didistribusikan ke masyarakat ada indikasi dilakukan pengoplosan terlebih dahulu antar jenis beras tadi. Bahkan juga patut dicurigai ada permainan harga beli.


"Segera mungkin kita akan tindaklanjuti dengan memanggil pihak-pihak terkait (Bulog, Kesra, Bagian Ekonomi) dan akan dilanjutkan dengan memanggil pihak ketiga yang menyuplai beras tersebut. Jika nanti terjadi pelanggaran maka akan kita serahkan ke pihak berwenang dalam hal ini Polres Lampung Utara," tegasnya.


Sementara itu, Kepala Gudang Bulog setempat, Riduan membantah bahwa Rastra yang ada di gudang stock Bulog berkualitaa jelek. Dia menyangkal dan mengatakan bahwa beras yang ada di gudang berkualitas medium atau baik. "Tidak ada kualitas yang jelek pak, hanya saja ada sebagian yang harus diperbaiki pengepakannya," sangkalnya.


Masih menurut Riduan, Rastra yang ada di gudang Bulog ini didistribusikan untuk wilayah Lampung Utara dan Way Kanan. "Kita disini hanya pelayanan gudang. Ketika ada kiriman dengan surat-surat nya ya kita terima. Selebihnya bukan wewenang kami," ujarnya seraya mengatakan stock Rastra aman hingga dua bulan kedepan.


Tampak saat itu, anggota komisi II DPRD Lampura yang melakukan sidak antara lain, Herwan Mega (Demokrat), Wansori (Demokrat), Ahmad Yani (Golkar), Joni Saputra (PDIP) dan Asnawi (PAN). Juga hadir beberapa anggota Kepolisian setempat.


(*BERKHIN*)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget