Jelang Lebaran, Dishub Tanggamus Dirikan Poskotis Dan Rest Area

[caption id="attachment_1150" align="aligncenter" width="660"] Irwan Suteja (2 dari kanan), Kasi Angkutan, Selasa (20/6/17)[/caption]

BlogGua CN, Tanggamus --- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Tanggamus mendirikan Posko Komando Taktis (Poskotis) dan Rest Area yang diperuntukkan kepada para pemudik di hari raya Idul Fitri 1438 Hijriyah, saat melintas di Jalan lintas barat (Jalinbar) Sumatera, Tanggamus.


Menurut Kepala Dishub Razi Azanisyah melalui Kasi Angkutan Irwan Suteja, Poskotis Dishub tersebut sebagai bentuk kepedulian dan pelayanan kepada masyarakat, terutama kepada para pengguna jalan raya lintas barat (Jalinbar) menjelang dan sesudah lebaran Idul Fitri. Dimana pada saat-saat lebaran hari raya Idul Fitri intensitas lalu lintas Jalinbar makin padat dan ramai.


Kondisi seperti ini, sangat rawan terjadinya kecelakaan fatal, bahkan tidak jarang kondisi seperti ini juga di mamfaatkan oleh pelaku kriminal, untuk itu perlu adanya pengawasan melalui patroli rutin dan Posko yang stand bye dua puluh empat jam.


"Maka sebagai bentuk kepedulian sekaligus sebagai rasa tanggung jawab kepada pengendara yang melintasi jalinbar ini, maka kami dirikan poskotis dishub. Yang mana pengendara, terutama para pemudik lebaran, akan merasa aman dan nyaman dengan keberadaan poskotis kami, yang mana kami juga menyediakan lapangan halaman kantor dishub sebagai rest area bagi mobil atau bus serta motor pemudik," kata Irwan, saat berada di Poskotis Dishub yang berlokasi di Jalinbar Pekon Kotaagung Kampung, Kecamatan Kotaagung, Selasa (20/6).


Irwan menerangkan, selain melayani pemudik dengan menyiapkan rest area, juga disediakan minuman gratis seperti teh dan kopj, kemudian juga disiapkan 3 unit kendaraan taktis patroli serta satu unit bus dan kendaraan skylight, yang gunanya jika terjadi kerusakan pada penerangan lampu jalan umum.


"Dalam poskotis ini kami siapkan kasur beserta bantal bantal, supaya para pemudik yang kelelahan bisa beristirahat. Dan juga kami siapkan mobil patroli yang berpatroli dua puluh empat jam, mobil patroli ini akan mengantarkan pemudik jika lupa atau belum faham alamat yang dituju. Kami juga sediakan bus, jika ada kerusakan pada bus yang mengangkut pemudik, semua ini sebagai bentuk kepedulian dan tanggung jawab Pemkab Tanggamus dan Dishub kepada pengendara jalinbar," terangnya.


Irwan menambahkan, adapun personil yang diturunkan dalam pengamanan Jalinbar pada libur hari raya dan lubur sekolah tahun 2017 ini sebanyak 89 orang personil, yang terdiri dari 65 personil lapangan dan 24 orang koordinator.


"Khusus di poskotis Dishub ini ada 12 orang personil yang standbye 24 jam, selebihnya tergabung dalam poskotis gabungan pemkab, Polres dan TNI. Bagi pemudik atau masyarakat yang membutuhkan keterangan, ataupun ada kendala di perjalanan di Jalinbar Tanggamus kami membuka call center nomor 082373377617, silahkan hubungi nomor ini," pungkasnya.


(*RUDI*)

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget