Saipul Pimpin Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RPJPD Way Kanan 2025-2045

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya diwakili Sekretaris Daerah Kabupaten, Saipul memimpin Forum Konsultasi Publik (FKP) Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Way Kanan Tahun 2025-2045 di Ruang Buway Pemuka Pengiran Tuha, Way Kanan, Lampung, Kamis (16/11/2023).

Menyampaikan sambutan Bupati Way Kanan, Sekda Saipul mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Way Kanan sedang menyusun rancangan awal RPJPD Kabupaten Way Kanan Tahun 2025-2045 yang merupakan dokumen strategis karena menentukan arah pembangunan Kabupaten Way Kanan 20 Tahun kedepan. Dimana pada hari ini telah sampai pada agenda Forum Konsultasi Publik yang akan secara bersama-sama menelaah rancangan awal RPJPD tersebut untuk kemudian disepakati bersama dalam berita acara kesepakatan RPJPD.

“Dalam Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Way Kanan 2025-2045 memiliki visi Way Kanan Maju dan Berkelanjutan. Dimana untuk mencapai visi tersebut perlu terus memperbaiki Tata Kelola Pemerintahan, terus melakukan peningkatan kualitas dan kompetensi SDM, terus meningkatkan perekonomian daerah dengan memanfaatkan sumberdaya yang tersedia, serta terus berusaha meningkatkan kualitas lingkungan hidup,” ujar Saipul.

Selain itu, untuk mencapai visi tersebut, Kabupaten Way Kanan didukung berbagai kekuatan yang ada antara lain Kabupaten Way Kanan merupakan wilayah agraris dengan penduduk yang mayoritas bekerja di sektor pertanian, dan bonus demografi. Namun demikian, Kabupaten Way Kanan juga perlu melakukan langkah-langkah peningkatan produktivitas SDM dan antisipasi terhadap perubahan iklim. Kemajuan pembangunan Kabupaten Way Kanan untuk 20 Tahun kedepan menjadi tantangan bagi semua pihak dalam menata daerah untuk menjadi lebih baik lagi.

“Upaya untuk mewujudkan pembangunan tersebut, perlu dilakukan kolaborasi dan sinergi baik Pemerintah Pusat, Provinsi, maupun Kampung. Selain itu, peran dunia usaha sangat diperlukan terutama CSR dan stakeholders lainnya. Mari jadikan forum ini sebagai momentum meletakkan pondasi perencanaan pembangunan 20 Tahun kedepan,” tutur Saipul.

Pada Forum tersebut dipaparkan terkait Rancangan Awal Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah Kabupaten Way Kanan Tahun 2025-2045, yaitu diantaranya terkait apa keunggulan yang ingin diwujudkan dengan kekuatan, kelemahan, peluang dan tantangan yang ada. Untuk mewujudkan Way Kanan Gemilang 2045 memiliki misi Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM, Meningkatkan perekonomian daerah serta Meningkatkan kualitas lingkungan hidup. Dengan Target 2045 yaitu PDRB Per Kapita, Indeks Pembangunan Manusia, Tingkat Kemiskinan, Indeks Reformasi Birokrasi, Indeks Kualitas Lingkungan Hidup dan Tingkat Kemiskinan.

RPJPD 2025-2045 memiliki timeline yaitu Tahun 2040-2045 Meningkatkan Keunggulan Daerah, Tahun 2035-2040 Meningkatkan Daya Saing Daerah, Tahun 2030-2035 Meningkatkan Kompetensi SDM, serta Tahun 2025-2030 Meningkatkan Kualitas SDM Berkarakter, dengan arah kebijakan Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan Daerah, Meningkatkan kualitas dan kompetensi SDM, Meningkatkan perekonomian daerah serta Meningkatkan kualitas Lingkungan Hidup.

Dikatehui, turut hadir langsung Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli Bupati, Inspektorat Daerah Kabupaten, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Sosial, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, Instansi Vertikal, Bagian Hukum Setdakab, Pimpinan Kecamatan Umpu Semenguk dan Kecamatan Blambangan Umpu. Serta hadir secara virtual Asisten Sekda, Sekretaris DPRD, Kepala OPD, Bagian Setdakab, Direktur RSUD ZAPA serta Pimpinan Kecamatan se-Kabupaten Way Kanan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar