Adipati Pembina Apel Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di Way Kanan

Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M

BlogGua, Lampung - Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M bertindak sebagai Pembina Apel pada Peringatan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Lapangan Sepak Bola Kampung Bumi Agung Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan Provinsi Lampung, Minggu (22/10/2023).

Disampaikan oleh Bupati Adipati bahwa sejak ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo melalui Keppres Nomor 22 Tahun 2015 Tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri yang diperingati setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. Tahun 2023 ini 2 peringatan Hari Santri mengangkat tema “Jihat Santri Jayakan Negeri” memiliki makna yang mendalam. Hari ini akan direnungkan bagaimana peran santri sebagai pilar keagamaan dan keilmuan dapat menjadi motor penggerak kemajuan bangsa. Dimana sebagai santri, tidak hanya berkewajiban memahami ajaran Agama dengan baik, tetapi juga bertanggung jawab untuk menjadikan nilai-nilai Agama sebagai landasan dalam tindakan dan perilaku sehari-hari.

“Santri harus menjadi contoh yang baik dalam masyarakat, menjunjung tinggi nilai-nilai kebaikan, toleransi, dan persaudaraan. Tentunya, Kita juga harus mengingat betapa besar peran para santri dalam sejarah perjuangan bangsa ini. Mereka terlibat dalam berbagai peristiwa penting yang membentuk kemerdekaan Indonesia,” ujar Bupati Adipati membacakan sambutan Menteri Agama RI.

Disampaikan pula bahwa Peringatan Hari Santri bukan milik santri semata, melainkan milik semua komponen bangsa yang mencintai tanah air, milik mereka yang memililki keteguhan dalam menjunjung nilai-nilai kebangsaan. Untuk itu, Menteri Agama mengajak semua masyarakat Indonesia untuk ikut serta merayakan Hari Santri, dengan cara napal tilas perjuangan santri menjaga martabat kemausiaan untuk Indonesia. Semangat jihad mereka dalam menjalankan ajaran Agama dan berjuang untuk kemerdekaan sangat patut diteladani. Selain itu, Hari Santri juga momen tepat untuk merefleksikan peran dalam menjayakan Negeri ini. Karena sebagai generasi penerus, harus terus belajar dan berusaha untuk mencapai kesempurkaan dalam Ilmu Agama dan Ilmu Pengetahuan Umum.

“Kita harus menjadi insan yang cerdas, peduli terhadap sesama, dan siap berkontribusi positif bagi masyarakat dan Negara. Untuk itu, mari Kita renungkan dan amalkan semangat jihad santri dalam kehidupan sehari-hari. Perjuangan Kita bukanlah perjuangan fisik semata, melainkan perjuangan untuk memerangi kebodohan, ketidakadilan, kemiskinan dan semua bentuk ketidakpastian. Bersama-sama kita menjayakan Negeri ini dengan membawa perubahan yang positif dan berkelanjutan,” tutur Bupati Adipati.

Turut serta pada Apel tersebut, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Dinas Kesehatan, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Komunikasi dan Informatika, Dinas P3AP2KB, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Instansi Vertikal, Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Bagian Umum Setdakab serta Pimpinan Kecamatan Bumi Agung dan Kampung Bumi Agung. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar