Pesan Arinal, Wisudawan UML Diharapkan Jadi Penggerak dan Pelopor Pembangunan

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menghadiri acara Wisuda Sarjana Starta 1 (S1) Universitas Muhamadiyah Lampung di Ballroom Hotel Emersia, Bandar Lampung, Lampung, Selasa (05/09/2023). 

Pada kesempatan itu, Arinal berpesan agar para wisudawan terus meningkatkan keahlian sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing serta menjadi sarjana penggerak dan pelopor di dalam masyarakat dan pembangunan. 

"Tampilkan jati diri dan identitas sebagai tenaga kerja muslim yang professional dalam bidang apapun pekerjaannya," ujar Arinal.

Arinal mengucapkan selamat dan sukses kepada para wisudawan yang di wisuda pada hari ini. 

"Saya berbahagia. Karena melalui wisuda ini, maka akan bertambahnya Sumber Daya Manusia yang siap pakai untuk mengisi lapangan kerja, khususnya di Provinsi Lampung," tuturnya. 

Arinal pun mengatakan sebagai representasi generasi muda dan menjadi bagian akar rumput masyarakat, wisudawan harus dapat memanfaatkan dunia akademis dan lingkungan sosialnya sebagai lahan untuk merintis jiwa kepemimpinan yang berjiwa besar, menjadi problem solver sekaligus change maker atas berbagai permasalahan sosial di masyarakat. 

Menurutnya wisudawan harus mulai berpartisipasi aktif, dalam menyiapkan berbagai solusi untuk menghadapi berbagai tantangan bangsa.

"Pemerintah Provinsi Lampung membutuhkan sumbangsih dari kalangan pendidik, tenaga kependidikan, dan para pengelola lembaga-lembaga pendidikan untuk mewujudkan Provinsi Lampung yang bermartabat," ujarnya. 

Arinal berpesan kepada para wisudawan agar terus meningkatkan keahlian sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing serta menjadi sarjana penggerak dan pelopor didalam masyarakat dan pembangunan. 

Menurut Arinal, Universitas Muhammadiyah Lampung sebagai Perguruan Tinggi diharapkan mampu memberikan kontribusi pada penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas. 

Arinal berpendapat lembaga pendidikan memiliki peranan penting dalam mencapai cita-cita bangsa Indonesia yang telah dirumuskan dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. 

"Untuk mencapai cita-cita tersebut harus dengan kerja keras kita semua. Pemerintah tidak mungkin dapat memenuhi kewajibannya untuk menjamin terpenuhinya pendidikan seluruh rakyat, tanpa ada kerjasama dengan lembaga-lembaga pendidikan swasta," tegasnya. 

Arinal juga mengingatkan akan pentingnya perguruan tinggi swasta terutama Universitas Muhamadiyah Lampung dalam memperhatikan kualitasnya.

Menurutnya, kualitas pendidikan harus ditempatkan dalam skala prioritas dan menyatu dalam jiwa para dosen, karyawan, dan mahasiswa. 

Ia berharap Universitas Muhammadiyah Lampung dapat terus memajukan kualitas pendidikan termasuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, sikap yang positif, kemampuan bekerjasama dan berkoordinasi dengan baik. 

"Saya yakin keberadaan Universitas Muhammadiyah Lampung mampu menjadi rujukan reformasi, universitas yang responsif terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta universitas yang berlandaskan nilai-nilai Islam rahmatan lil ‘alamin," pungkasnya. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar

Gabung Grup FB -> BlogGua <- Dapatkan Informasi terupdate kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung