Ali Rahman Hadiri Launching Pasar Tani Ramik Ragom Way Kanan

Momen kegiatan

BlogGua, Way Kanan - Wakil Bupati Way Kanan, Drs. H. Ali Rahman, S.T.,M.T menghadiri Launching Kegiatan Pasar Tani Ramik Ragom Kabupaten Way Kanan Tahun 2023 di Lapangan Korpri Pemkab, Way Kanan, Lampung, Jum’at (11/08/2023).

Kabupaten Way Kanan memiliki potensi yang cukup besar untuk pengembangan pertanian dan merupakan daerah agraris, dimana mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani yang sudah berlangsung lama dan turun temurun. Dimana potensi SDA yang memadai, maka hampir 80% penduduk Way Kanan bermata pencaharian disektor pertanian, peternakan, perkebunan dan perikanan, serta sampai sampai saat ini juga sektor pertanian masih merupakan salah satu prioritas utama pembangunan di Kabupaten Way Kanan, karena memiliki peranan strategis dalam upaya pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

“Petani adalah aktor penting yang paling banyak mencurahkan waktunya untuk memastikan berjalannya ketersediaan pangan, dituntut untuk meningkatkan hasil produksi. Namun dengan akses pasar yang sempit dan harga yang tidak bersahabat, dipastikan peningkatan produksi tidak ada manfaatnya bagi petani. Untuk itu, melalui kegiatan launching Pasar Tani ini, sebagai upaya kita dalam membangun dan mengembangkan pertanian di Kabupaten Way Kanan”, ujar Wabup Ali Rahman.

Selain itu, disampaikan pula bahwa kegiatan tersebut merupakan wujud dukungan Pemerintah Daerah terhadap ketahanan pangan nasional. Sehingga diharapkan Pasar Tani Ramik Ragom dapat berkelanjutan serta sebagai tempat dan sarana yang tepat untuk mempromosikan produk pertanian beserta olahannya. Juga para petani dapat memasarkan langsung produknya kepada konsumen atau pembeli, dengan harapan dapat meningkatkan kemampuan kelembagaan petani dalam pemasaran dan membaca peluang usaha, serta dapat menumbuhkan rasa cinta terhadap produk sendiri attau produk lokal.

“Saya juga mengajak kepada para petani, Saya harap tetap menjaga kualitas dan ketersediaan produk, sehingga program Pasar Tani ini dapat berkelanjutan. Saya juga mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada para petani, kelompok tani dan pihak-pihak lainnya yang telah berpartisipaso atas terselenggaranya Pasar Tani Ramik Ragom ini. Semoga memberikan manfaat bagi masyarakat Way Kanan dengan terwujudnya ketersediaan pangan dengan harga yang terjangkau”, tutur Wabup yang juga membuka Launching Pasar Tani Ramik Ragom.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemotongan pita Pembukaan Pasar Tani Ramik Ragom, kunjungan ke stand-stand pasar, pengundian kupon doorprize untuk pembelian belanja minimal Rp 50.000 serta disediakan pula pemeriksaan kesehatan gratis bagi masyarakat yang hadir. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar