Pemprov Lampung Harap PMR Terus Gelorakan Semangat Kemanusiaan

Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto (PH Khaki-depan)

BlogGua, Lampung - Pemerintah Provinsi Lampung berharap Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Nasional Palang Merah Remaja (PMR) IX Tahun 2023 menjadi momentum penting bagi PMR untuk terus menggelorakan semangat mengabdi pada kemanusiaan.

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Fahrizal Darminto saat mewakili Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menghadiri Upacara Pembukaan Jumbara PMR IX Tahun 2023 di Stadion Jati, Kalianda, Lampung Selatan, Lampung, Selasa (04/07/2023).

Atas nama Pemerintah Provinsi Lampung, Fahrizal mengucapkan selamat datang kepada Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesi (PMI) Jusuf Kalla beserta jajaran pengurus pusat dan pengurus PMI seluruh Indonesia, juga peserta Jumbara di Provinsi Lampung, Sai Bumi Ruwa Jurai.

Ia mengatakan perhelatan Jumbara PMR Nasional IX di Provinsi Lampung merupakan suatu kebanggaan yang tidak terukur untuk Provinsi   Lampung dikarenakan kegiatan ini merupakan kegiatan rutin PMI dalam kurun waktu 5 tahun sekali pelaksanaannya.

Fahrizal menyampaikan bahwa Pemerintah Provinsi Lampung mendukung penuh kegiatan Jumbara PMR Tingkat Nasional di Provinsi Lampung.

Ia berpesan kepada para peserta beserta pendamping untuk terus menjaga kesehatan, ketertiban dan kedisiplinan diri dalam melaksanakan kegiatan ini.

"Tak lupa juga saya sampaikan untuk terus mempererat tali silaturahmi dan menjaga kekompakkan antara adat, budaya, suku dan agama," pesannya.

Sejak pandemi Covid-19, Fahrizal mengatakan bahwa masyarakat merasakan betapa sulitnya kehidupan tanpa pertolongan orang lain dan seluruh kegiatan dibatasi dengan protokol kesehatan yang begitu ketat, sehingga sangat tidak memungkinkan untuk mengadakan event Nasional bahkan hanya sekadar berkerumun dalam kegiatan belajar mengajar.

Untuk itu, ia mengajak untuk terus gelorakan semangat, bangkit kembali guna beraktivitas dan meningkatkan produktivitas dengan tetap menjaga kesehatan diri sendiri maupun orang-orang di sekitar kita.

Fahrizal juga berharap melalui kegiatan Jumbara ini, anggota PMR bisa kembali bersemangat untuk melaksanakan kegiatan baik di sekolah maupun kegiatan di luar sekolah.

"Semoga menjadi penggelora semangat kita dalam mengikuti Jumbara PMR Tingkat Nasional IX Tahun 2023 dan untuk selalu mengabdi kepada kemanusiaan," pungkasnya.

Dalam sambutannya, Ketua Umum Pengurus Pusat PMI, Jusuf Kalla mengatakan Jumbara merupakan sebuah pengalaman istimewa bagi para PMR mulai dari tingkat Mula, Madya dan Wira yang hadir.

"Baik untuk menjaga persahabatan, belajar sesama, menikmati Lampung yang indah ini, bergaul dengan teman-teman dan memulai pengalaman menuju upaya-upaya kader-kader kemanusiaan yang akan memimpin pada masa yang akan datang," ujarnya.

Jusuf Kalla melanjutkan, seluruh peserta yang hadir dari seluruh pelosok nusantara menandakan bahwa bangsa Indonesia merupakan bangsa yang besar dan bersatu.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini tentu akan meningkatkan keterampilan dan juga belajar berkehidupan sehari-hari sehingga dapat membagikan pengalaman ini kepada teman-teman di daerahnya masing-masing.

"Juga berbakti kepada masyarakat, karena itu moral kita semua bahwa generasi musa tentu mengabdi kepasda masyarakat sebaik-baiknya," ujarnya.

Jusuf Kalla berpesan kepada para peserta untuk mempererat tali persahabatan antar sesama anak bangsa maupun kepada peserta negara sahabat.

Kepada para volunteer dari negara-negara sahabat, ia mengucapkan selamat datang di Indonesia.

"To all volunteer from many country, welcome to Lampung Indonesia, please enjoy and meet your indonesian friend's and enjoy Indonesia special in Lampung, enjoy the food and culture in here, welcome again to all of you," pungkasnya.

Ia berharap kegiatan ini dapat menghasilkan serta mencetak generasi muda yang mengerti tentang upaya perdamaian dan juga kemanusiaan.

Jusuf Kalla mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Lampung, Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan dan panitia yang telah melaksanakan JUMBARA ini dengan sebaik-baiknya.

Seperti diketahui, Provinsi Lampung sendiri menjadi tuan rumah Jumbara Nasional PMR IX 2023 dan melibatkan kurang lebih 2.200 peserta dari seluruh 34 Provinsi yang ada di Indonesia.

Jumbara yang diadakan dari tanggal 3-10 di GOR Way Handak Kalianda, Lampung Selatan tersebut juga akan diikuti oleh peserta dari 11 negara sahabat yaitu Malaysia, Timor-Leste, Brunei Darussalam, China, Italia, Hongkong, Thailand, Singapura, Lao PDR dan Kamboja.

Kegiatan 5 tahunan kali ini mengusung tema "Cerdas, Kreatif dan Berkarakter" dengan visi menciptakan generasi muda yang cerdas, kreatif dan berkarakter.

Kegiatan Jumbara tersebut juga bertujuan untuk mengevaluasi pembinaan dan pengembangan PMR di tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Nasional. 

Hadir pada kesempatan tersebut Ketua Umum Pengurus Pusat Palang Merah Indonesi (PMI) Jusuf Kalla, Ketua Umum PMI Provinsi Lampung, Riana Sari Arinal dan Bupati Lampung Selatan, Nanang Ermanto. (Adpim)

0 Komentar

Silahkan Komentar

Gabung Grup FB -> BlogGua <- Dapatkan Informasi terupdate kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung