DPRD Gelar Paripurna Penyampaian KUA-PPAS TA 2024 Way Kanan

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung -  DPRD Way Kanan menggelar Paripurna Dalam Rangka Penyampaian Rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Tahun Anggaran (TA) 2024 Kabupaten Way Kanan, di Ruang Buay Bahuga DPRD, setempat, Way Kanan, Lampung, Jum’at (07/07/2023).

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M yang menghadiri Rapat Paripurna tersebut menyampaikan bahwa KUA-PPAS Tahun Anggaran 2024 merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran 2024, yang disusun berdasarkan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun 2024. Seiring telah dicabutnya status Pandemi Covid-19 di Indonesia dan memasuki masa endemic oleh Presiden Joko Widodo, dengan harapan keputusan pencabutan ini, perekonomian Nasional akan bergerak semakin baik dan meningkatkan kualitas kehidupan sosial ekonomi masarakat, tidak terkecuali Kabupaten Way Kanan, terutama sektor UMKM diprediksi pada Tahun 2024 akan mengalami peningkatan dan belanja daerah akan mendukung percepatan transformasi ekonomi melalui penghapusan kemiskinan ektrem, penurunan stunting, pengendalian inflasi dan peningkatan investasi.

“Kami sampaikan bahwa penyusunan KUA-PPAS ini juga memuat kebijakan pendapatan belanja dan pembiayaan serta asumsi yang mendasarinya untuk periode satu tahun. Dimana arah pembangunan kita di Kabupaten Way Kanan Tahun 2024 mengacu pada pencapaian target yang telah disusun sesuai dengan visi dan misi RPJMD yang telah disusun untuk Tahun 2021-2026 dengan memperhatikan dinamika perekonomian, keadaan sosial masyarakat dan yang lain sebagainya”, ujar Adipati.

Disampaikan secara ringkas oleh Bupati Adipati terkait KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran 2024, yaitu Pendapatan Belanja yang secara total Tahun 2024 diprediksi mencapai Rp 1,332 Triliun, yang mengalami peningkatan sebesar 0,12 persen dari Tahun 2023. Hal tersebut menyesuaikan dengan kondisi Perekonomian Nasional yang diharapkan semakin membaik. Secara umum Belanja dan transfer daerah Tahun 2024 dialokasikan sebesar Rp 1,334 Triliun atau mengalami penyesuaian dari belanja daerah Tahun 2023 sebesar 0,18 persen. Serta dari sisi penerimaan Pembiayaan Tahun 2024 dianggarkan sebesar Rp 4 Milyar bersumber dari sissa lebih perhhitungan anggaran Tahun Anggaran sebelumnya. Sedangkan pengeluaran pembiayaan Tahun 2024 dianggarkan sebesar Rp 2,5 Milyar pada penyertaan modal daerah. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar