Bupati Tanggamus Serahkan Ijazah Para Siswa Kesetaraan PKBM Adi Djaya

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (hijab Kuning)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri Penyerahan Ijazah Siswa/Siswi Pendidikan Kesetaraan oleh PKBM Adi Djaya Pekon Talang Sepuh, bertempat di Dusun Sidodadi Pekon Talang Sepuh Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Jum'at (16/06/2023).

Dikesempatan tersebut Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus itu menyampaikan ucapan selamat kepada adik-adik dan anak-anak bunda tercinta, yang telah menyelesaikan pendidikan paket-nya atau kesetaraan, sebagai pengganti pendidikan formal di Sekolah Umum. 

Bunda Dewi juga mengucapkan selamat kepada PKBM Adi Djaya yang telah berhasil meluluskan atau mewisuda anak-anak.

"Semoga Allah SWT tetap memberikan perlindungan dalam perjalanan sekolah demi mencetak calon generasi penerus harapan bangsa untuk tahun-tahun kedepan, menjadi lembaga pendidikan yang semakin berkualitas yang mampu menciptakan lulusan yang berprestasi dan mampu membanggakan keluarga, masyarakat, bangsa dan tentu saja negara," harapnya.

Jumlah siswa PKBM Adi Djaya yang menerima Ijazah pada hari ini terdiri dari:

124 Siswa Paket C, 38 Siswa Paket B, dan 2 Siswa Paket A.  Domisili siswa ternyata tidak saja dari wilayah kecamatan Talang Padang saja, namun juga ada dari Kecamatan Pulau Panggung, Pugung, Gunung Alip dan lain-lain.

Selanjutnya, kata Bunda Dewi, salah satu cara merubah kehidupan lebih cepat dan lebih baik dilakukan dengan peningkatan Sumber Daya Manusia melalui pendidikan yang bermutu.

"Untuk itu pemerintah sangat besar atensinya untuk pengembangan bidang pendidikan. Pemerintah Kabupaten Tanggamus telah menetapkan bahwa pengembangan mutu pendidikan dan pengembangan SDM sebagai salah satu prioritas pembangunan," imbuhnya.

Bunda Dewi menambahkan, demi menghasilkan Sumber Daya Manusia yang unggul lalu terjadi peningkatan nilai IPM, menurunkan angka putus sekolah, anak-anak kita bisa kuliah, dan lain-lain maka Pemkab Tanggamus selain telah meluncurkan Program Semua Bisa Sekolah (SBS), juga telah meluncurkan Program Sekolah CERIA (Cerdas, Inovatif dan Asik) dan Program Gerakan ASIK (Anak Sekolah Ingin Kuliah).

"Adapun total PKBM di Kabupaten Tanggamus pada tahun 2022 berjumlah 22 PKBM yang tersebar di 15 Kecamatan," kata Bunda Dewi. 

Sasarannya adalah masyarakat yang putus sekolah, untuk mengikuti Program Kejar Paket A, B dan C. Untuk usia 7 - 21 tahun, warga belajar mendapat BOP Kesetaraan melalui APBN. 

"Untuk warga belajar usia 22-45 tahun, dapat mengikuti program SBS dibiayai melalui Dana Desa, program SBS ini adalah salah satu dari 55 Rencana Aksi Desa Asik yang telah kami laksanakan," tandasnya. 

Sementara, Ketua Pengelola PKBM Adi Djaya, Apip Muhayat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bupati Tanggamus yang telah hadir dan menyerahkan langsung secara simbolis Ijazah/Sertifikat kepada siswa/siswi yang telah menyelesaikan kesetaraan Paket A, B dan C tahun 2022- 2023 ini.

"Pada tahun ini PKBM Adi Djaya meluluskan sekitar 124 siswa siswi paket C. yang dominan berasal dari tiga kecamatan yaitu kecamatan Pulau Panggung, Talang Padang dan Pugung," jelasnya.

Sesuai dengan program pemerintah Tanggamus yaitu program semua bisa sekolah (SBS), lanjut dia, yang tujuannya untuk mengubah pola pikir siswa kearah yang lebih baik.

"Demi kemajuan Tanggamus lebih cemerlang dan menciptakan generasi penerus yang lebih handal dan kompeten di bidang Pendidikan," pungkasnya.

Hadir juga mendampingi Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani; Kadis Pendidikan, Yadi Mulyadi; Kadis Pemberdayaan masyarakat Desa Arpin; Camat Talang Padang yang diwakili Sekcam, Ubaidillah dan Uspika, Camat Pulau Panggung; Ketua Pengelola PKBM Adi Djaya, Apip Muhayat; Kepala Pekon Talang Sepuh; Tokoh masyarakat; KCP BRI Pringsewu; Ketua SPLP; Siswa/Siswi dan Masyarakat. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar