Bunda Dewi Hadiri Gerakan Pangan Murah se-Indonesia

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M (PDH Khaki)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka Gerakan Pangan Murah (GPM) oleh Badan Pangan Nasional secara serentak di seluruh Indonesia dan Bazar Hewan Qurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H.

Acara berlangsung di Lapangan Pekon Campang Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Senin (26/06/2023).

Dalam laporan Sekdakab yang disampaikan oleh Kadis Pertanian dan Holtikultura Catur Agus Dewanto mengatakan adapun tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan pokok baik di tingkat produsen maupun konsumen, meningkatkan keterjangkauan dan daya beli, menekan inflasi dan penting serta menjadi ajang silaturahmi diantara peternak dan pengusaha peternak di Kabupaten Tanggamus, mencegah terjadinya penyakit Zoonosis karena setiap hewan kurban telah mendapatkan Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH), serta membantu mendapatkan hewan kurban yang Aman Sehat Utuh dan Halal (ASUH).

Dinas perkebunan dan peternakan juga telah menugaskan 35 orang petugas beserta kontak personnya dalam hal pengawasan hewan kurban tahun 2023.

Kemudian untuk stok atau jumlah ketersediaan hewan kurban yang mendapatkan surat keterangan kesehatan hewan yaitu; sapi sebanyak 895 ekor, kerbau sebanyak 274 ekor, kambing sebanyak 26.715 ekor, domba sebanyak 969 ekor.

"Adapun kegiatan ini bertujuan untuk stabilisasi pasokan harga pangan dalam pengendalian inflasi dan stunting di kabupaten Tanggamus. Peserta gerakan tangan murah dan bazar hewan kurban ini melibatkan Dinas/BUMN/KWT/ pedagang bawang dan peternak," terangnya. 

Dikesempatan itu juga, Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani yang kerap disapa Bunda Dewi itu menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Pemerintah Pusat (Badan Pangan Nasional) melalui BULOG yang telah menyokong penuh ketersediaan bahan pangan pada kegiatan Gerakan Pangan Murah ini.

"Gerakan ini merupakan Kebijakan Pemerintah sebagai salah satu upaya dalam pengendalian inflasi," imbuhnya.

Dengan pelaksanaan gerakan pangan murah, lanjut Bunda Dewi, diharapkan adanya Kestabilan pasokan dan harga pangan yang merupakan kunci dalam menghadapi inflasi. 

"Inflasi terjadi akibat adanya kesenjangan harga antara produsen dan konsumen yang disebabkan oleh terhambatnya distribusi pangan, diantaranya yaitu: Hambatan pasokan, Cuaca, Biaya pengangkutan yang tinggi,  Kualitas infrastruktur, Perilaku pedagang, dan Pengelolaan Stok," paparnya.

Disampaikan pula oleh Bunda Dewi, pada hari ini dilaksanakan Program Gerakan Pangan Murah secara serentak di seluruh Indonesia. 

"Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu daerah di Provinsi Lampung yang turut serta dalam pelaksanaan program ini, dimana program ini untuk menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan menjelang Hari Raya Idul Adha 1444 H Tahun 2023," jelasnya.

Bunda Dewi menambahkan, penyediaan pangan yang diperjualbelikan dibawah harga pasar pada hari ini didukung oleh operator Badan Pangan Nasional yaitu Perum BULOG Regional Lampung dan PT. Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dengan menjual bahan pangan, antara lain : Beras SPHP, sebanyak 8 ton; Gula Pasir MANISKITA, sebanyak 480 kg; Tepung Terigu BOLA SALJU,sebanyak 100 kg; Minyak goreng merek KITA sebanyak 600 Liter; dan Minyak goreng curah, sebanyak 500 Liter.

Selanjutnya, kata Bunda Dewi, pelaksanaan Bazar Hewan Qurban dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1444 H salah satu maksud dari pelaksanaannya yaitu untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan  perekonomian di Kabupaten Tanggamus.

"Selain itu tentu sebagai ajang silahturahmi diantara peternak dan pengusaha peternakan di Kabupaten Tanggamus," pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Forkopimda Kabupaten Tanggamus; Kepala Perum BULOG Lampung dan jajaran; Plh. Sekretaris Daerah; para Kepala Organisasi Perangkat Daerah; Para Camat se-Kabupaten Tanggamus; Kepala Pekon Campang, KWT, para Peternak, dan Masyarakat. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar