Pj Bupati Mesuji Hadiri Rakor Penanganan Masalah Gizi di Provinsi Lampung

Penjabat Bupati Mesuji, Drs. Sulpakar, M.M (genggam mic)

BlogGua, Lampung - Penjabat (Pj) Bupati Mesuji, Sulpakar menghadiri kegiatan acara Rapat Kordinasi (rakor) Lintas Sektor Penanganan Masalah Gizi Tingkat Provinsi Lampung Tahun 2023, di Ballroom Swiss Bel Hotel, Bandar Lampung, Lampung, Rabu (10/05/2023).

Acara di hadiri oleh Asisten Bidang Administrasi Umum Pemprov Lampung, Senen Mustakim yang mewakili Gubernur Lampung, yang menegaskan masalah stunting telah menjadi perhatian pemerintah, angka sunting harus diturunkan untuk mewujudkan rakyat Lampung Berjaya.

"Masalah stunting harus segera diselesaikan secara terintegrasi dengan lintas sektor dan semua stakeholder. Kita harus menjadikan Provinsi Lampung bebas stunting, demi wujudkan Lampung Berjaya," ujar Senen.

Pencapaian prevalensi stunting pada balita di Provinsi Lampung sejak Tahun 2018 sampai dengan Tahun 2022 menunjukkan tren yang positif dan Tahun 2022 sendiri mencapai 15,2%. Di Tahun 2022 ini Provinsi Lampung menempati peringkat ke-3 provinsi dengan stunting terendah se-Indonesia.

"Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Lampung terus berkarya, stunting turun rakyatnya berjaya. Masalah stunting merupakan ancaman bagi Indonesia, karena anak stunting tidak hanya terganggu pertumbuhan fisik tapi juga pertumbuhan otak," tambah Senen.

Efeknya, kata Senen, SDM menjadi tidak produktif yang berdampak pada terganggunya kemajuan negara, disini negara hadir untuk masyarakat guna menurunkan stunting.

"Kompleksnya masalah stunting dan banyaknya stakeholder yang terkait dalam intervensi gizi spesifik dan sensitif memerlukan pelaksanaan yang dilakukan secara terkoordinir dan terpadu kepada sasaran prioritas. Dalam rangka pelaksanaan aksi konvergensi stunting, kami mengajak seluruh kabupaten/kota yang menjadi lokus stunting agar dapat berkontribusi maksimal dalam penurunan prevalensi stunting di Provinsi Lampung dan  mendukung pencapaian target penurunan stunting nasional 14% di Tahun 2024," tutup Senen

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas PPKB Kabupaten Mesuji, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mesuji, Kepala Bappelitbangda Kabupaten Mesuji dan Tamu undangan, acara dilaksanakan tanggal 9 -11 Mei Tahun 2023. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar