Bupati Hadiri Rapat Koordinasi TP-PKK Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani, S.E.,M.M (lima dari kanan)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka Rapat Koordinasi (rakor) Tim Penggerak Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Tanggamus Tahun 2023, bertempat di Aula Serumpun Padi Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Jum'at (12/05/2023).

Dikesempatan itu Ketua TP PKK, Hj. Sri Nilawati Syafi'i mengatakan penyelenggaraan Rapat Koordinasi PKK Kabupaten Tanggamus ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan Rapat Koordinasi PKK Provinsi Lampung pada tanggal 31 Januari 2023 di Bandar Lampung, 

"Selain itu juga sebagai bentuk implementasi pembinaan umum pelaksanaan Gerakan PKK sebagaimana amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 36 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2017 tentang Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga," imbuhnya.

Pelaksanaan kegiatan ini, jelas Sri, mempunyai arti penting dan strategis dalam upaya mengoptimalkan sinergitas kebijakan dan program Tim Penggerak PKK mulai dari tingkat Pusat sampai dengan Pekon/Kelurahan.

"Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi langkah strategis sebagai upaya optimalisasi pelaksanaan 10 Program Pokok PKK untuk mendukung program prioritas dan unggulan Pemerintah khususnya di Kabupaten Tanggamus yang kita cintai ini," paparnya.

Tujuan Pelaksanaan Kegiatan :

  • Dalam rangka fasillitasi Penguatan Kelembagaan PKK berdasarkan Rencana Induk Gerakan PKK dan Strategi Gerakan PKK dalam mekanisme perencanaan program secara berjenjang;
  • Sebagai evaluasi Program Kerja Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus tahun 2022;
  • Dalam rangka membahas dan menyepakati prioritas program dan kegiatan Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Tahun 2023.

Adapun peserta yang hadir pada kegiatan ini, papar Sri, terdiri dari unsur Pengurus Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se Kabupaten Tanggamus yang masing-masing didampingi oleh 5 orang anggota diantaranya terdiri dari Sekretaris, dan para Ketua Pokja.

"Sebagai mitra kerja pemerintah, tidak lupa kami turut mengundang para Kepala Perangkat Daerah yang nantinya kami harapkan dapat memberikan masukan dan arahan demi kelangsungan program-program PKK," tandasnya.

Sementara Bunda Dewi kerap disapanya Bupati Tanggamus itu menyampaikan Pemberdayan Kesejahteraan Keluarga yang familiar dengan sebutan PKK adalah suatu organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan Wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan, merupakan mitra Pemerintah yang sudah melegenda dan diakui kiprahnya dalam berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat dari tinggkat pusat bahkan sampai ke tingkat RT dan RW.

"Oleh karenanya, Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus saya harap untuk terus berbenah melengkapi Sumberdaya Manusia yang terlibat di Organisasi PKK dengan struktur yang disesuaikan dengan kebutuhan. Apabila perlu dilakukan penataan atau penambahan personil-personil baru yang harapannya dapat memperkaya potensi yang ada sehingga organisasi PKK di Kabupaten Tanggamus dapat berkiprah, dapat berbuat lebih banyak bagi masyarakat Kabupaten Tanggamus," papar Bunda Dewi.

Selaku Pembina PKK, Bupati Perempuan Pertama di Tanggamus itu merasa bangga, dan memberikan apresiasi serta dukungan dan dorongan agar TP-PKK Kabupaten Tanggamus terus melaksanakan tugas dan fungsinya dalam menggerakkan dan membina potensi masyarakat menuju kesejahteraan.

"Kemudian, saya juga berpesan kepada Perangat Daerah yang ada di Kabupaten Tanggamus terutama yang hadir saat ini, untuk dapat menjadikan PKK sebagai Mitra dalam melaksanakan program-program yang selaras dengan Program PKK," imbuhnya.

Selanjutnya, Bunda Dewi  juga berpesan kepada Ibu Ketua TP-PKK dan Jajarannya, teruslah berbuat untuk masyarakat, memang dalam membina, mengarahkan dan mendampingi masyarakat untuk berdaya menuju kemandirian bukan sesuatu yang sederhana, tidak seperti membalikkan tangan tetapi butuh energi yang luar biasa, kesabaran, keuletan.

"Karena yang dibangun adalah manusia yang berkaitan dengan perilaku yang akan terbentuk. Apabila dilaksanakan secara terus - menerus dan baru dapat dirasakan dampaknya pada generasi selanjutnya," jelas Bunda Dewi mengakhiri sambutan.

Diketahui, kegiatan tersebut bertemakan Pemantapan Program Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus mewujudkan Ketahanan Keluarga untuk Tanggamus Jaya.

Dalam kegiatan tersebut juga telah diserahkan piagam Penghargaan kepada perwakilan kecamatan sebagai Kader Inspiratif Tahun 2023.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Tanggamus Hj. Sri Nilawati Syafi'i, Wakil Ketua 1 TP-PKK Nuraini Lubis, para Kepala OPD terkait, Para Camat dan Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Tanggamus, Para Ketua, Ketua Pokja, dan segenap pengurus PKK Kabupaten. (Kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar