Bupati Hadiri Kegiatan Manasik Haji Kemenag Tanggamus di Islamic Center

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka langsung Pembinaan Manasik Haji Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Tahun 1444H/2023  di Islamic Center Kota Agung, Tanggamus, Lampung, Rabu (10/05/2023). 

Didalam kegiatan dengan tema Haji Ramah Lansia itu Bupati Tanggamus mengucapkan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan Manasik Haji yang dilaksanakan oleh Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus tersebut.

"Semoga selama pelaksanaan 2 (dua) hari ini dapat berlangsung dengan baik dan lancar, serta bermanfaat bagi para peserta manasik," imbuh Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani yang kerap disapa Bunda Dewi itu..

Dikatakan Bunda Dewi, pelaksanaan kegiatan Manasik Haji ini diikuti 545 orang termasuk cadangan, bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada jama'ah calon haji mengenai tahapan-tahapan dalam menunaikan ibadah haji yang baik dan benar, sesuai dengan arahan dan bimbingan tim pembimbing haji.

Bunda Dewi pun berharap melalui manasik, para calon jama'ah haji akan mendapatkan pembekalan tentang tata laksana haji.

"Oleh karenanya kepada calon peserta, Saya harapkan dapat menyimak penyampaian materi dengan baik," tuturnya.

Manasik Haji ini, jelas Bunda Dewi, merupakan Gladiresik atas pelaksanaan haji ditanah suci, adapun materi-materi yang akan diberikan kepada para jama'ah calon haji yaitu:

  • Kebijakan Pemerintah RI tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh;
  • Kebijakan Pemerintah Arab Saudi tentang penyelenggaraan ibadah haji dan umroh;
  • Kebijakan Pemerintah terhadap Jamaah Haji Lansia;
  • Kebijakan Pemerintah tentang Pelayanan Kesehatan Haji, Alur perjalanan ibadah haji.

"Pada kesempatan ini juga, kami mengucapkan Selamat kepada seluruh Jama'ah Calon Haji Kabupaten Tanggamus yang telah mendapat panggilan untuk menunaikan Ibadah Haji tahun ini.

Bapak dan Ibu yang mendapat kesempatan ke tanah suci tahun ini, lanjut Bunda Dewi, sudah sepantasnya bersyukur. Karena masih banyak diantara saudara-saudara kita yang belum mendapat kesempatan dan menunda keberangkatannya karena berbagai hal.

"Oleh karenanya, kepada semua peserta manasik, agar dapat menyiapkan diri dalam melaksanakan ibadah haji, baik persiapan fisik maupun mental, dengan demikian para jama'ah calon haji dapat menunaikan ibadah sesuai ketentuan syariat Islam dan dapat mengerjakan seluruh syarat dan rukun dengan sempurna," tandasnya.

Ditempat yang sama, Kepala Kemenag Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmudin Aris Rayusman dalam penyampaiannya mengatakan kegiatan Manasik Haji hari ini di mulai tanggal 10 sampai 11, kegiatannya 2 hari di kabupaten dan 8 kali di kecamatan.

"Untuk di kecamatan digabung karena jumlah jama'ah haji kita cuma 545 pertanggal 5 Mei dan nanti sampe tanggal 12 Mei ada juga penambahan tapi belum tahu berapa pemambahannya. Tapi sampai yang terakhir yaitu 545. Untuk yang bisa di berangkatkan 496 sementara ini yang sudah melunasi," paparnya.

Untuk itu dia berharap dengan Pembinaan Manasik Haji Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus Tahun 1444 H 2023 M ini, sesuai dengan tema Haji Ramah Lansia.

"Mudah-mudahan Lansia kita di Kabupaten Tanggamus ini berangkat dan pulang dalam menunaikan ibadah hajinya dengan selamat sesuai apa yang kita semua harapkan," pungkasnya.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ka. Kanwil Kemenag Provinsi Lampung di wakili oleh Analis Kebijakan Kanwil Kemenag Provinsi  Lampung H. Akhor Wiwit Sudiono, Ka. Kemenag Kabupaten Tanggamus Dr. H. Mahmudin Aris Rayusman dan seluruh jajaran kemenang kabupaten tanggamus, Forkopimda Kabupaten Tanggamus yang di wakili  Dandim 0424/Tanggamus Danramil Kotaagung Kapten Julian Abri, Hadir juga dari jajaran Pemerintah Kabupaten Tanggamus  Asiten III Jonsen Vanesa,  Kepala OPD, Kabag Kesra, Camat  Kotaagung, Rois Syariah PBNU juga Ketua MUI Tanggamus KH.A. Wahid Zamas, Ketua KUA se-Kabupaten Tanggamus, Tokoh Agama dan Para Petugas Klotar, Para Calon Haji, Insan Pers, Tamu  Undangan, Kepala Kantor Kemenag Kab. Tanggamus Priode 2014-2016 Dr. H. Bukhori,  Tim Pemandu Haji Indonesia Dr, Sundusiah, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia Muflih, Tim Kesehatan M. Winarto, TPHD Kh. Wahid Zamas dan H. Agus Suparno. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar