Produk Kerajinan Way Kanan Tampil di INACRAFT 2023

BlogGua, Jakarta - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S.H., M.M bersama Ketua Dekranasda Kabupaten, Ny. Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Acara Pembukaan Pemeran INACRAFT Tahun 2023 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Rabu (01/03/2023).

Dibuka oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo yang diwakili Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A.,M.B.A. Pameran terbesar di ASEAN tersebut menghadirkan 1.222 booth produk kerajinan di seluruh wilayah di Indonesia. Dimana Pameran INACRAFT 2023 menjadi tahun kedua penyelenggaraan pameran kerajinan yang digelar dua kali dalam setahun, setelah sebelumnya digelar pada Tahun 2022.

Bersama ribuan booth yang hadir, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Way Kanan hadir dengan menampilkan produk kerajinan berupa Tas Kayu Jmd Galery, Kain Batik Srimabatik serta Tas Kain Tapis.

Diprakarsai oleh Asosiasi Eksportir dan Produsen Handicraft Indonesia (ASEPHI) dan bekerjasama dengan PT. Mediatama Binakreasi, INACRAFT 2023 berkolaborasi dengan Provinsi Sulawesi Selatan sebagai ikon mengusung tajuk “The 23 Jakarta International Handicraft Trade Fair” , dengan mengangkat persoalan serupa tahun-tahun sebelumnya, yaitu From Smart Village to Global Market, dengan tagline “The Authentic South Sulawesi”.

Diketahui, penyelenggaraan INACRAFT menjadi upaya dari para perajin dan pelaku UMKM kerajinan untuk terus bangkit dan terus berkembang. Tak hanya di dalam Negeri, tetapi juga go ekspor secara global. Karena kerajinan Tanah Air belum berkembang seperti yang diharapkan, terutama craft murni yang masih butuh perjuangan, seperti kerajinan batu dan kayu.

Pada Tahun 2023 ini, terdapat lima Kementerian yang turut meramaikan INACRAFT yang akan berlangsung selama lima hari dimulai Tanggal 1 Maret sampai dengan 5 Maret 2023 mendatang, yaitu Kementerian Prindustrian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kementerian Hukum dan HAM. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar