Bupati Pesisir Barat Buka Rakor High Level Meeting TPID Tahun 2023

Momen Rakor

BlogGua, Lampung - Bupati Pesisir Barat, Agus Istiqlal menghadiri sekaligus membuka secara langsung kegiatan High Level Meeting (HLM) TPID yang bertempat diruang Media Center Kominfotiksan Gedung A Lantai I Komplek Perkantoran Bupati, Pesisir Barat, Lampung, Selasa (14/03/2023).

Dikesempatan tersebut, Udo Lal sapaan akrab bagi Bupati Pesisir Barat itu mengatakan high level meeting (HLM) rapat koordinasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Pesisir Barat dilaksanakan untuk menjaga laju inflasi yang rendah dan menstabilkan harga bahan pokok  dalam rangka menghadapi bulan suci ramadhan 1444 hijriah dan idul fitri 1444 hijriah.

"Sebagai prasyarat pertumbuhan ekonomi yang berkesinambungan yang pada akhirnya memberikan manfaat bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Sehingga perlu dilakukan koordinasi dan sinkronisasi kebijakan pengendalian inflasi untuk mencapai sasaran inflasi yang ditetapkan pemerintah," jelasnya.

Dirincikan Udo Lal, sebagaimana diketahui bersama bahwa 4 (empat) faktor utama yang menentukan inflasi, yaitu 4k:

  1. Ketersediaan pasokan;
  2. Keterjangkauan harga;
  3. Kelancaran distribusi;
  4. Komunikasi efektif.

"4k inilah yang perlu menjadi perhatian serius kita bersama dalam menghadapi bulan suci ramadhan 1444 hijriah dan idul fitri 1444 hijriah, dimana pada masa pandemi covid-19 yang mulai terkendali, sehingga mulai terjadi kelonggaran-kelonggaran terhadap aktivitas masyarakat," jelasnya.

Selain menjaga ketersediaan pasokan serta kelancaran distribusi bahan pangan pokok, Udo Lal mengingatkan agar semua perlu tetap waspada terhadap penyebaran virus covid-19.

"Sebagaimana arahan Bapak Presiden RI dalam rapat terbatas (ratas) mengenai evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) pada ·22 November 2021 yang lalu. Seluruh Kepala Daerah dihimbau untuk terus menyeimbangkan antara gas dan rem dalam upaya pengendalian pandemi dan pemulihan ekonomi untuk mempertahankan momentum perekonomian yang tumbuh positif," paparnya mengakhiri.

Turut Hadir dalam kegiatan tersebut Unsur Forkofimda Pesisir Barat, Staf Ahli Bupati, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Para Kepala OPD, dan Para Tamu Undangan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar