Way Kanan Terima Penghargaan Adipura Tahun 2022

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya (tengah)

BlogGua, Jakarta - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya, S. H., M. M menghadiri Acara Penerimaan Penganugerahan Penghargaan Adipura Tahun 2022 di Auditorium Dr. Soejarwo, Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Di, Jakarta Pusat, Selasa (28/02/2023) bersama Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Dwi Handoyo Retno,  S. E., M. M. 

Usai menerima Piala Penghargaan Adipura Tahun 2022 untuk Kota Blambangan Umpu Kategori Kota Kecil oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Siti Nurbaya. Bupati Adipati menyampaikan terima kasih serta mendedikasikan penghargaan tersebut untuk seluruh pihak dan elemen masyarakat yang telah bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam menjaga dan meningkatkan upaya dalam mengelola dan menjaga lingkungan. 

"Saya dedikasikan Penghargaan ini untuk seluruh elemen masyarakat di Bumi Ramik Ragom, atas perjuangan dalam menjaga kebersihan dan mengelola persampahan dan Ruang Terbuka Hijau. Dimana ini merupakan amanah kembali yang  diberikan kepada Way Kanan untuk tetap menjaga dan meningkatkan upaya dalam mengelola dan menjaga lingkungan.  Perjuangan ini tidaklah mudah, untuk memulai dan dapat menggerakkan hati seluruh elemen masyarakat dan seluruh instansi terkait untuk memulai dari bersih-bersih lingkungan sekitar, sehingga kita dapat mempertahankan Penghargaan ini", ujar Adipati. 

Penghargaan Adipura Kategori Kota Kecil yang kembali diraih Kabupaten Way Kanan di Tahun ketiga periode kedua Kepemimpinan  Bupati Raden Adipati Surya merupakan penantian panjang setelah adanya Pandemi Covid-19 yang melanda banyak Negeri. Dimana selama Pandemi pun, pengelolaan sampah Kabupaten Way Kanan tetap berjalan, dan tidak terhenti karena produksi timbulan sampah tetap timbul untuk dikelola. 

 "Piala Adipura ini menunjukkan bahwa kerja-kerja yang telah kita lakukan selama ini sudah berjalan di koridornya, dan hal ini perlu lebih ditingkatkan. Paradigma baru Adipura 2022 mengenai kelola sampah mulai dari sumbernya merupakan salah satu kunci keberhasilan pengelolaan sampah. Dan bila ini terjadi, rasanya pantas dianugerahi Piala Adipura. Terima kasih  kepada semua pihak yang telah bahu membahu menjaga kebersihan lingkungan dan mengelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat. Mari tuntaskan kelola sampah untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Way Kanan", tegas Bupati Way Kanan. 

Diketahui, Penghargaan Adipura merupakan penghargaan kedua kali yang diberikan kepada Kabupaten Way Kanan, yang merupakan amanah bagi penerima  untuk tetap menjaga dan bahkan meningkatkan upaya dalam mengelola dan menjaga lingkungan. Kementerian Lingkungan Hidup senantiasa mengajak partisipasi dan kepedulian semua pihak berbuat nyata melestarikan lingkungan demi terwujudnya bumi yang bersih dan hijau, yang bertujuan untuk mendorong Pemerintah Daerah dan masyarakat mewujudkan kota bersih dan teduh (clean and green city) dengan menerapkan prinsip-prinsip Good Governance, sesuai dengan dinamika pembangunan.

Pada acara tersebut diserahkan Penghargaan Adipura Kencana kepada 5 Kabupaten/Kota, Penghargaan Adipura kepada 80 Kabupaten/Kota, Penghargaan Sertifikat Adipura kepada 61 Kabupaten/Kota dan Penghargaan Plakat Adipura kepada 4 Kabupaten/Kota. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar