Penjabat Bupati Buka Gebyar IGTKI-PGRI Kabupaten Pringsewu 2023

Momen kegiatan acara

BlogGua, Lampung - Gebyar TK se-Kabupaten Pringsewu tahun 2023 dibuka oleh Penjabat (Pj) Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah di Lapangan Dirgahayu Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung, Kamis (23/02/2023).

Acara yang dihadiri Wakil Ketua I DPRD Pringsewu Maulana M. Lahudin beserta jajaran pemerintah daerah dan forkopimda, Ketua IGTKI Provinsi  Lampung Nisdariyati, M.Pd. dan Ketua IGTKI Kabupaten Pringsewu Suwami, M.Pd. serta tokoh masyarakat ini diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba yang diikuti ratusan anak-anak usia dini.

Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah dalam sambutannya mengatakan Pemerintah Kabupaten Pringsewu telah menetapkan Peraturan Bupati No.42 Tahun 2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pengembangan Anak Usia Dini Holistik-Integratif dan Pendidikan Anak Usia Dini Pra Sekolah Dasar Satu Tahun di Kabupaten Pringsewu sebagai dasar hukum dan pedoman penyelenggaraan pengembangan anak usia dini holistik-integratif dan PAUD Pra SD, yang mengamanatkan agar anak-anak dibawah usia 6 tahun dapat memasuki jenjang Pendidikan Pra SD sebelum memasuki tahapan SD.

Oleh karena itu,  ia mengajak mulai dari unsur perangkat daerah, Pokja Bunda PAUD dan stakeholders terkait untuk bersama-sama agar seluruh TK di Kabupaten Pringsewu dapat menjadi wadah pendidikan yang berkualitas dan mampu mengakomodir kebutuhan anak-anak sebagai para calon penerus pembangunan dimasa yang akan datang.

"Jika sejak kecil mereka sudah memiliki minat pada dunia pendidikan, maka akan mudah bagi mereka untuk menyerap ilmu serta wawasan, yang akan menjadikan mereka generasi berprestasi yang membanggakan," ujarnya.

Lebih lanjut disampaikan Pj. Bupati Pringsewu bahwa melalui lomba-lomba yang diadakan, anak-anak dapat mulai diperkenalkan kepada nilai-nilai sportifitas, belajar bersosialisasi dan berkompetisi dalam suatu bidang yang mereka sukai. Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk menampilkan daya kreatifitas, bakat, talenta serta inovasi.

"Saya berpesan, dampingi dengan baik anak-anak kita sehingga mereka dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan akan dijadikan sebagai pengalaman dan pembelajaran serta motivasi diri untuk terus berkembang dan berprestasi," pesannya. 

Sementara itu, Ketua IGTKI Provinsi  Lampung Nisdariyati, M.Pd. mengatakan kegiatan Gebyar TK ini merupakan  wujud program IGTKI yakni  dalam rangka menanamkan cinta tanah air kepada anak-anak, terutama menyongsong HUT ke-14 Kabupaten Pringsewu.

"Semoga kelak anak-anak ini menjadi kader generasi 2045 yang siap berkompetisi di tahun 2045, dan Inshaa Allah Indonesia akan menjadi negara yang maju," harapnya.

Pihaknya juga mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pj. Bupati Pringsewu yang memberikan insentif kepada guru-guru  TK, dan berharap insentif yang diberikan akan menjadi penyemangat para guru TK. 

Ucapan yang sama juga disampaikan Ketua IGTKI Kabupaten Pringsewu Suwami, M.Pd. yang juga mengucapkan terima kasih kepada Pj. Bupati Pringsewu atas insentif yang diberikan melalui APBD selama ini.  Pihaknya juga memohon dukungan pemerintah daerah  untuk mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini 1 tahun yaitu Pra SD.

"Kedepan masih banyak program kerja IGTKI Pringsewu yang belum terlaksana, diantaranya akan mengikuti Porseni di Jakarta, serta akan mengadakan pelatihan atau workshop untuk meningkatkan kompetensi guru sesuai perkembangan pendidikan saat ini yaitu implementasi Kurikulum Merdeka," ungkapnya. (Anton)

0 Komentar

Silahkan Komentar