Pemprov Lampung Ikuti Penanaman 1000 Pohon Buah

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Gubernur Lampung melalui Asisten Perekonomian & Pembangunan, Kusnardi melakukan Penanaman 1000 Pohon Buah bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin serta Ibu OASE KIM, secara Hybrid, di PKK Agropark Sabah Balau, Lampung Selatan, Lampung, Rabu (01/02/2023).

Sebagai informasi

Acara Pencanangan Penanaman 1000 Pohon Buah yang dipusatkan disekitar Candi Borobudur Kabupaten Magelang Jawa Tengah ini oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo, Ibu Wury Ma’ruf Amin dan Ibu-ibu Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) juga dilakukan secara serentak di 38 Provinsi di seluruh Indonesia. 

Untuk Provinsi Lampung, dilaksanakan penanaman bibit buah-buahan sebanyak 125 batang yang terdiri dari bibit buah Alpukat (varietas siger mas dan hijau panjangan) sebanyak 25 pohon, Durian (varietas othong) sebanyak 24 batang, Jeruk (varietas trigas) sebanyak 25 batang dan Kelengkeng (varietas keteki dan pimpong) sebanyak 51 batang. 

Asisten Perekonomian & Pembangunan, Kusnardi memyampaikan sambutan tertulis Gubernur Lampung mengatakan bahwa kegiatan penamanan 1000 pohon ini, salah satunya bertujuan untuk mewujudkan Indonesia Hijau.

Selain itu juga diharapkan dapat memberikan sumbangsih kepada lingkungan terutama yang ada disekitar lokasi Kebun PKK Agropark Desa Sabah Balau Kecamatan Tanjung Bintang serta Gapoktan/Poktan yang ada di Kabupaten Lampung Selatan dan Kota Bandar Lampung.

Dengan adanya Kegiatan Penanaman 1000 Pohon Bibit Buah secara Hybrid di seluruh Indonesia ini, Gubernur berharap agar Instansi Pemerintah dapat berperan serta dalam mengembangkan dan melestarikan tanaman buah-buahan dan tanaman pertanian lainnya, memberikan bantuan maupun pelayanan kepada masyarakat dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menanam pohon terutama tanaman buah-buahan.

Kepala Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Lampung Jekvy Hendra dalam sambutannya menyampaikan terimakasih karena berkat kolaborasi yang baik antara pemerintah daerah baik provinsi, kabupaten dan kota, kegiatan ini dapat terselenggara dengan sukses.

Kepala BSIP berharap, kegiatan ini dapat dijadikan sebagai sarana untuk menyinergikan program-program pemerintah pusat dengan pemerintah daerah, bukan hanya dari sisi kegiatan seremonial saja tapi juga dalam pembangunan sumber daya manusia serta peningkatan produktivitas.

Kepala BSIP juga menyebutkan, bersumber dari data Litbang BSIP, Lampung termasuk didalam 4 Provinsi terluas dan terbesar dalam penanaman dan hasil-hasil tanaman pangan.

Hadir dalam kegiatan Ketua TP PKK Provinsi Lampung diwakili Wakil Ketua III TP PKK Provinsi Lampung, Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPTPH) Provinsi Lampung, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Lampung, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi Lampung, Kepala BSIP Lampung, Kepala BBI Hortikultura Provinsi Lampung, Kepala BPSB Provinsi Lampung, Kepala Balai Karantina Lampung, Kepala Balai Pelatihan Pertanian Lampung, Kepala Balai Veteriner Lampung, Kepala Balai Besar Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (BBTNBBS) Kementerian LHK, Kepala Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai Way Seputih dan Way Sekampung (BP DAS) Provinsi Lampung, Camat Tanjung Bintang, Kades Sabah Balau, Kepala Dinas Pariwisata, Ketua DWP BSIP Lampung, Ketua BSIP Balai karantina, Ketua DWP Bapeltan Lampung, Ketua DWP Balai Veteriner Lampung. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar