Bupati Hadiri Sekaligus Membuka Gebyar TK se-Tanggamus

Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani (hijab Pink)

BlogGua, Lampung - Bupati Tanggamus, Hj. Dewi Handajani menghadiri sekaligus membuka kegiatan acara Gebyar TK se-Kabupaten Tanggamus Tahun 2023 dengan tema Kita Mewujudkan Merdeka Belajar, bertempat di Lapangan Landsbaw Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Rabu (08/02/2023).

Dikesempatan itu Bupati Perempuan Pertama di Kabupaten Tanggamus itu mengatakan kehadirannya beserta semua yang hadir dalam kegiatan tersebut, tentu mempunyai kehendak yang sama serta mempunyai kepedulian yang besar terhadap pendidikan anak usia dini, yakni sama-sama ingin membantu pertumbuhan dan perkembangan anak anak.

"Agar pada saatnya nanti, mereka memiliki kesiapan mental untuk memasuki pendidikan tingkat lanjut, mengantar mutiara bangsa ke gerbang masa depan mereka yang lebih baik,"imbuh Bunda Dewi sapaan akrab bagi Bupati Tanggamus itu.

Dikatakan Bunda Dewi, Anak-anak merupakan generasi penerus bangsa, memiliki ruang tumbuh kembang yang kondusif untuk menguatkan karakter positif dan kecerdasan secara terarah sesuai dengan perkembangan psikosialnya masing masing.

"Setiap anak adalah unik, setiap dari mereka memiliki kecerdasannya masing-masing, mereka sebenarnya terlahir dengan bekal kreatifitas dan kemandirian yang sungguh luar biasa. Akan tetapi seringkali kita sebagai orangtua dan pendidik kurang memperhatikan dan memotivasi mereka, bahkan tanpa kita disadari seiring dengan bertambahnya usia anak, kita justru seringkali mengendorkan kreatifitas dan kemandirian anak-anak," jelas Bunda Dewi.

Misalnya, lanjut Bunda Dewi, saat anak sudah bisa memegang alat tulis lalu tanpa sepengetahuan orang tua ia mencorat-coret tembok rumah, maka yang terjadi biasanya mereka akan dimarahi dengan alasan kebersihan dan keindahan.

"Padahal semestinya orang tua mengapresiasi apapun dan bagaimana pun karya anak dengan memberikan fasilitas serta motivasi untuk mengembangkan kreatifitas mereka,"terangnya.

Atas dasar itulah, masih kata Bunda Dewi, Pemerintah Kabupaten Tanggamus mengapresiasi dan men-support penyelenggaraan kegiatan ini, dengan harapan semoga acara ini bisa turut memberikan ruang bagi anak-anak, khususnya di Kecamatan Gisting dan Gunung Alip dalam mengembangkan kreatifitas dan kemandirian mereka.

Pemerintah Kabupaten Tanggamus sejauh ini, papar Bunda Dewi, sangat peduli dan memberikan dukungan penuh terhadap Pendidikan Taman Kanak-kanak atau Anak Usia Dini, khususnya dalam hal Pengembangan dan Pembinaan Lembaga TK/PAUD.

"Hal ini dapat terlihat dari semakin besarnya Anggaran yang kita alokasikan untuk Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan Lembaga TK/PAUD, termasuk Bantuan Operasional Sekolah (BOP) dan Insentif Guru TK atau PAUD, dimana pada tahun 2022, telah kita berikan Insentif Guru TK/PAUD,"pungkasnya.

Sementara Ketua IGTK Tanggamus Ulpa Tania dalam wawancaranya yang juga menghadiri kegiatan tersebut mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan rutin setiap tahun tapi dalam dua tahun  belakangan ini sempat tidak dilaksanakan karena adanya pandemi covid 19.

"Kegiatan hari  ini merupakan kegiatan roadshow yang ke 4 dan masih ada 6 titik lagi, karena dari 20 kecamatan kami marger menjadi 10 titik,"jelasnya.

Dia pun mengucapkan apresiasi yang sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah terutama kepada Bupati Tanggamus dan jajarannya. Karena telah menghadiri kegiatan ini, karena ini merupakan bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Kabupaten Tanggamus terhadap anak usia dini khususnya.

"Harapan kami kedepannya, mudah-mudahan Pemerintah Daerah dapat selalu menghadiri dan mensupport kegiatan ini. Karena memang kegiatan ini adalah kegiatan positif yang melibatkan seluruh elemen baik dari tenaga pendidik, para siswa, wali murid, dan masyarakat setempat,"pungkasnya.

Diketahui, dalam Kegiatan tersebut Bupati Tanggamus memberikan bantuan tunai dan bingkisan berupa makanan tambahan, yaitu: susu dan telur kepada seluruh anak-anak TK yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut, Ketua TP-PKK Kabupaten Tanggamus  Hj Sri Nilawati Safii, Ketua DWP Kabupaten Tanggamus Nuraini Lubis, Kepala Dinas Pendidikan Yadi Mulyadi, Ketua IGTK Tanggamus Ulpa Tania, Camat dan Bunda Paud Gisting Purwanti, Camat Gunung Alip Ilham, Koordinator SPLP Gisting Iin Sovia, Pengawas TK Gisting Sri Winarti, Ketua PGRI Gisting Nasiman, Ketua Penyelenggara Gebyar TK Siti Samsiasih, Uspika Kecamatan Gisting, Kepala Pekon Lambau Widodo, Para Kepala TK se-Kecamatan Gisting, Para Dewan Guru, Para bapak dan Ibu para Wali Murid serta para Murid TK se-Kecamatan Gisting. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar