Tahun 2023 Disperkim Lampung Utara Akan Perbaiki Drainase di Kawasan Punai Indah

Momen silahturahmi

BlogGua, Lampung – Tahun 2023 mendatang Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) setempat berencana akan melakukan perbaikan Drainase di Kelurahan berkawasan kumuh, diutamakan untuk areal Punai Indah.

Hal tersebut sebagaimana yang dikatakan oleh Kepala Disperkim Lampung Utara, Erwin Syahputra saat menerima kunjungan Silahturahmi kru BlogGua di ruang kerjanya, Kotabumi Selatan, Lampung Utara, Lampung, Rabu (14/12/2022) kemarin.

“Pembangunan Drainase tadi, di kawasan kumuh kita inikan ada 14 Kelurahan, jangan bangga dulu Punai itu dari kumuh juga, maka proyeknya itu diareal itu yang saya utamakan,”tuturnya.

Rencana tersebut sengaja dirancang Disperkim dengan program Perbaikan Kawasan Kumuh melalui bidang Permukiman. Karena hal itu merupakan salah satu upaya untuk mengentaskan kemiskinan di Kabupaten Lampung Utara

“Karenakan salah satu memberantas kemiskinankan melalui program itu,”kata dia.

Selain itu dikatakan pula oleh Erwin, kalau bedah rumah melalui bidang Perumahan ada program Perbaikan Rumah tidak Layak Huni (RTLH). Erwin pun berucap syukur, dimana tahun 2022 ini tengah mencapai 1000 unit RTLH yang dibedah menggunakan dana Aspirasi dari Anggota DPR RI. 

“Alhamdulillah tahun ini 1000 loh. Tapi bukan lewat APBD Kita, Aspirasi,” ujarnya.

Dijelaskan Erwin, dana aspirasi ini kan Anggota DPR RI, Tamanuri yang tengah berjuang untuk nasib masyarakat Lampung Utara. Untuk rumah yang membutuhkan itu sebesar 20jt dan langsung masuk ke rekening mereka.

“Dana DAK 20jt, Dana Aspirasi 20jt dan 17,5jt itu dana APBD,” imbuh dia merincikan besaran dana yang dikucurkan berdasarkan klasifikasi sumber dana apabila dipakai untuk diberikan kepada penerima bantuan.

Dicontohkan Erwin, pabila ingin mendapatkan bantuan tersebut, warga bisa berkoordinasi dengan RT/LK dengan membawa sertifikat asli dan rumah benar-benar reot (tidak layak huni), yang nanti Lurah akan mengelompokkan per grup 10 unit RTLH lalu Lurah mengusulkan untuk diverifikasi oleh Disperkim.

“Kalau Disperkim itu kan tukang verifikasi, apa yang diusulkan lurah, kami turun. LK-nya harus aktif nanti kan dibawa ke Lurah, nantikan jadi kelompok tuh. Tidak hanya dalam satu RT yang penting satu kelurahan,”tandasnya.

Dilain tempat, sebut saja OmGua berharap apa yang direncanakan oleh Disperkim Lampung Utara terkait Drainase benar-benar terkonsep dengan baik dari segi perencanaan hingga pelaksanaannya dan hasilnya memuaskan.

“Jangan tanggung seperti Jalan Punai Indah yang sedang diperbaiki saat ini. Mudah-mudahan kalkulasi  lokasi proyek sebelum dilaksanakan sesuai harapan masyarakat sekitar,” pungkas OmGua usai mendengar informasi tersebut. (romi)

Diberitakan sebelumnya: Menelisik Proyek Jalan Punai Indah yang sedang berlangsung dan telah mendapat kritikan warga setempat terkait kepiawaian PUPR Lampung Utara dalam menyusun perencanaan guna mengkalkulasi, membagi dan menentukan titik start pekerjaan proyek jalan di Punai Indah. Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Lampung Utara belum bisa menanggapi hiruk-pikuk hal tersebut. {...}

Baca selengkapnya: PUPR Lampung Utara Belum Bisa Tanggapi Hiruk-pikuk Proyek Jalan Punai Indah

0 Komentar

Silahkan Komentar