Bupati Hadiri Jalan Sehat Peringatan Hari Pahlawan di Kodim 0427/Way Kanan

Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya (genggam bendera)

BlogGua, Lampung - Bupati Way Kanan, H. Raden Adipati Surya bersama Ketua TP-PKK Way Kanan, Hj. Dessy Afriyanti Adipati menghadiri Kegiatan Jalan Sehat dalam Rangka Peringatan Hari Pahlawan 10 November 2022 di Lapangan Sepak Bola Kodim 0427/WK,  Way Kanan, Lampung, Selasa (08/11/2022).

Dikesempatan tersebut, Adipati mengatakan bahwa setiap Hari Pahlawan menjadi momen untuk mengenang kembali peristiwa pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia. Peristiwa perang itu, lanjut Adipati, mengingatkan bahwa kemerdekaan yang dirasakan saat ini tidaklah datang begitu saja. Namun, masih kata dia, memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu Negeri.

“Diharapkan dengan peringatan Hari Pahlawan ini kita akan lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan. Selain itu, juga membangkitkan semangat berinovasi dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI serta antar anak Bangsa,” imbuh Adipati.

Disampaikan pula bahwa yang dilakukan pada hari ini selain kegiatan yang menyehatkan, juga berkesempatan untuk saling bertegur sapa, menjalin komunikasi dan silahturahmi antara Lembaga dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Way Kanan.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Way Kanan, Saya ucapkan terimakasih kepada Komandan Kodim 0427/WK yang telah menginisiasi kegiatan ini. Mari kita jadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi disetiap langkah, yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi. Karena setiap orang bisa menjadi pahlawan dibidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadikan pahlawan bagi ekonomi keluarga dan komunitasnya,” tutur Adipati yang juga mengajak semua untuk menyatukan tekad dan langkah, secara aktif dalam membangun Kabupaten Way Kanan Unggul dan Sejahtera.

Ditempat yang sama, Komandan Kodim 0427/WK, Letkol Inf Charluly Rudi Jatmiko selaku Ketua Penitia Pelaksanaan menyampaikan bahwa kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan dalam memeriahkan Hari Pahlawan Tahun 2022. Menurutnya, jalan sehat tersebut menjadi salah satu momen untuk menjalin silahturahmi antara TNI, Polri, Pemerintah Daerah dan Masyarakat.

"Terimakasih kepada seluruh pihak atas dukungannya terhadap terselenggaranya kegiatan ini. Kami juga di Tahun 2022 ini ada program-program tentang Ketahanan Pangan, Kampung Pancasila, Program Stunting, Manunggal Air dan Babinsa masuk Dapur Rumah Tangga,"paparnya.

Dimana, lanjut dia, Babinsa  Kodim 0427/WK sudah tersebar diseluruh Wilayah Kabupaten Way Kanan dan mereka akan masuk ke seluruh Kampung-Kampung.

"Jangan sampai warga dan anak kita menderita sakit yang seharusnya mempunyai generasi penerus, mereka harus mendapatkan gizi yang baik, Babinsa Saya juga sudah siap untuk membantu," Pungkasnya.

Diketahui, dalam kegiatan tersebut dilakukan jalan sehat, senam bersama serta pembagian puluhan hadiah yang diundi melalui kupon yang telah dibagikan kepada para peserta kegiatan.

Kegiatan tersebut tampak turut dihadiri oleh, Anggota Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Sekretaris DPRD, Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah, Instansi Vertikal, Direktur RSUD Zainal Abidin Pagar Alam, Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu, Kecamatan Umpu Semenguk, Dharma Wanita Persatuan, Persit Kartika Chandra Kirana, Dharmayuki Kartini dan Adhyaksa Dharmakartini. (kmf)