Bupati Hadiri Acara Pelantikan dan Pembekalan Panwascam se-Lampung Tengah

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad

BlogGua, Lampung - Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad menghadiri acara Pelantikan dan Pembekalan Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam) Pemilu serentak 2024 se-Kabupaten Lampung Tengah di Hotel BBC Bandar Jaya, Terbanggi Besar, Lampung, Tengah, Lampung, Jum'at 28 Oktober 2022. 

Ketua Badan Pengawas Pemilhan Umum Kabupaten Lampung Tengah Harmono menjelaskan bahwa anggota Panwascam yang dilantik saat ini sebanyak 84 orang, yang nantinya ditempatkan masing-masing kecamatan 3 orang dan berpesan untuk menjaga netralitas.

"Jangan sampai masyarakat menganggap kita tidak netral,"imbuhnya.

Dijelaskan Harmono, Panwascam adalah garda terdepan dalam pengawasan tahapan pemilu 2024, tugas utamanya adalah pencegahan, awasi dan baru ditindak.

"Sekarang ini yang lagi tren adalah money politik, isu hoaks, kritik identitas, dan lain-lain. Lakukan sosialisasi sebaik-baiknya kepada masyarakat, agar itu semua tidak terjadi," ujarnya. 

Ditempat yang sama, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Iskardo P Panggar mengucapakan selamat atas dilantiknya Panwascam se-Lampung Tengah dan juga mengatakan Panwascam salah satu badan  berperan menjaga pemilu yang aman, sehingga tidak ada kecurangan. Karena, kata Dia, tanpa pengawas, dipastikan pemilu yang berlangsung tidak akan berjalan dengan baik.

Untuk itu Dia mengimbau agar Panwascam dapat menjalin kerjasama yang baik dengan stakeholder lainnya. 

"Jalin kerja sama yang baik, tetap koordinasi, bekerja dengan iklas, yang terpenting selalu ikuti peraturan yang telah ditetapkan," tuturnya.

Tak lupa, Iskardo pun mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Lampung Tengah yang sudah berkalaborasi dengan baik bersama Bawaslu Lampung Tengah. dimana sebelumnya Pemkab Lampung Tengah Memberikan Hibah Tanah dan Bangunan untuk Bawaslu Kabupaten Lampung Tengah. 

Sementara, Bupati Lampung Tengah Musa Ahmad mengatakan bahwa pelantikan dan pengambilan sumpah janji bukanlah sekedar acara seremonial, melainkan mengundang makna sebuah pengukuhan terhadap tugas dan amanat yang telah dipercayakan oleh negara.

"Sehingga amanat tersebut diterima dengan rasa penuh tanggung jawab disertai dedikasi yang tinggi, untuk mewujudkan pengawas pemilu yang memiliki solidaritas, integritas, mentalitas dan profesionalitas,"jelasnya. 

Sebagai Anggota Panwas Kecamatan, sebut Musa, harus memperhatikan atau menjunjung tinggi martabat profesi, serta selalu menjalin hubungan yang erat antar organisasi.

"Salah satu kunci kesuksesan dan keberhasilan penyelenggaraan pemilu, adalah kemampuan panwascam dalam menjalin hubungan yang baik dengan Forkopimcam, Tokoh Masyarakat, Agama dan Anggota Partai Politik dan lain-lain di wilayahnya,"pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut tampak dihadiri Bupati Lampung Tengah, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Forkopimda, Ketua KPU, Asisten Pemerintahan dan Kesra, Kepala Perangkat Daerah terkait, Camat serta tamu undangan. (kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar

Gabung Grup FB -> BlogGua <- Dapatkan Informasi terupdate kegiatan Pembangunan Daerah Kabupaten/Kota se-Provinsi Lampung