Pemerintah Daerah Gelar Upacara HUT ke-31 Lampung Barat

Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus

BlogGua, Lampung - Pemerintah Daerah Kabupaten (Pemkab) Lampung Barat menggelar Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke- 31 Kabupaten Lampung Barat di Lapangan Pemkab, Lampung Barat, Lampung, Sabtu (24/09/2022). 

Dalam Pelaksanaan upacara tersebut, dilakukan penyerahan Bendera Pataka Lampung Barat yang dilakukan oleh Inspektur Upacara Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan Camat Balik Bukit selaku Komandan Upacara M. Yones. 

Pada kesempatan itu Pacik sapaan akrab bagi Bupati Lampung Barat itu mengatakan bahwa perjalanan hingga usia 31 tahun bukanlah suatu hal yang singkat, dapat diartikan sebagai usia yang matang sebagai momen untuk menilai sebuah perjalanan yang telah dilalui dengan semangat yang optimis, keyakinan dan dengan kemampuan yang dimiliki.

"31 tahun yang lalu tonggak sejarah berdirinya sebuah daerah Kabupaten Lampung Barat dengan dimulainya penyelenggaraan pemerintahan kabupaten tingkat II, pembentukan daerah tersebut tentunya tidak lepas dari  perjuangan dan usaha masyarakat lampung barat jauh  sebelum Kabupaten Lampung Barat terbentuk,"paparnya.  

Oleh karena itu, Menurut Parosil, tugas kita sekarang adalah melanjutkan estafet perjuangan tersebut agar karya bakti kita semua bermanfaat bagi kepentingan masyarakat. 

"Momen bersejarah yang sangat penting ini, jangan kita lewatkan begitu saja, mari kita maknai hari kelahiran ini untuk berbuat nyata, meningkatkan kualitas dan kemampuan diri mengisi kemerdekaan dengan diiringi semangat juang yang tinggi demi kebangkitan bersama. Semangat inilah yang harus kita jaga dan wariskan kepada para penerus kita nantinya," ucapnya.

Sebagaimana diketahui dua tahun lebih indonesia menghadapi tantangan dan ujian sejarah Kecemasan sosial hingga tekanan ekonomi yang berat sangat dirasakan oleh rakyat indonesia di penjuru tanah air, akibat dampak dari pandemi covid-19.

"Ditengah keterpurukan tersebut, kita semua dapat bergerak dan bergotong royong untuk pulih demi mewujudkan harapan di masa yang akan datang," ungkapnya.

"Maka dari itu, Sejalan dengan tema peringatan HUT ke-31 Kabupaten Lampung Barat yaitu, "pembangunan tepat, pulih lebih cepat" secara filosofi pembangunan tepat bermakna upaya sistematis dan terukur untuk menciptakan kesejahteraan masyarakat, dan filosofi pulih lebih cepat bermakna perjuangan yang bersifat segera, konsisten, dan mengedepankan prinsip keadilan untuk mengembalikan keadaan seperti semula," jelasnya.

Parosil mengatakan bahwa ada Beragam kegiatan dan event yang menyertai peringatan HUT Kabupaten Lampung Barat, semuanya terangkum dan terintegrasi sebagai wujud kebersamaan seluruh Perangkat Daerah dan para pemangku kepentingan di wilayah Kabupaten Lampung Barat untuk menumbuhkan kreativitas, inovasi dan rasa memiliki terhadap sejarah berdirinya Kabupaten Lampung Barat.

Menurut Parosil, sebagai momen untuk menilai sebuah perjalanan yang telah dilalui dengan semangat dan optimistis yang dimiliki, Kabupaten Barat melaksanakan tema pembangunan tahun 2022 yaitu, memantapkan pembangunan yang inovatif dan peningkatan kualitas sdm untuk mempercepat pemulihan ekonomi. 

"Tema tersebut tentunya menjadi ajakan dan tekad kita untuk dapat bertindak dan bereaksi nyata pada tantangan dan perkembangan zaman kedepan, menjadi motivasi dalam melaksanakan pembangunan yang inovatif untuk mewujudkan kehidupan masyarakat yang berkualitas dan berdaya saing Bagi seluruh jajaran Pemkab Lampung Barat," katanya. 

Parosil Berharap kepada seluruh Perangkat Daerah dengan melalui Tema tersebut diharapkan dapat menjadi pendorong dalam mewujudkan Pemerintahan yang lebih responsif, akuntabel dan efektif dalam melayani masyarakat.

Selanjutnya, Implementasi terhadap kerja keras dari masa ke masa dapat dirasakan, hal itu ditunjukan dengan beberapa capaian keberhasilan di Kabupaten Lampung Barat sehingga Pemerintah dan Negara mengapresiasi dengan banyak penghargaan dan kepercayaan untuk Kabupaten Lampung Barat, antara lain :

  1. Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-12 (dua belas) kali secara berturut-turut;
  2. Penghargaan Pembangunan Daerah Tingkat Provinsi sejak tahun 2018 secara berturut-turut hingga 2021 dan nominasi 16 besar tingkat nasional pada tahun 2018;
  3. Kabupaten sangat inovatif ke-5 tahun 2021 dalam penghargaan indeks inovasi daerah;
  4. Satyalancana Wira Karya dari presiden republik indonesia;
  5. Desa Wisata Kampoeng Wisata Rigis Jaya sebagai terbaik ke-3 tingkat nasional dalam anugerah desa wisata indonesia 2021;
  6. Nugra Jasa Darma Pustaloka dan juara I lomba perpustakaan desa tingkat nasional dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI);
  7. Kabupaten layak anak predikat pratama dari kementerian perlindungan perempuan dan pemberdayaan anak;
  8. Penghargaan manggala karya kencana dari BKKBN RI.

Parosil mengatakan bahwa penghargaan tersebut bukanlah tujuan akhir, namun Penghargaan ini dapat menjadi indikator keberhasilan atas kinerja pembangunan yang telah dilaksanakan. Baik dilingkup sosial budaya, fisik sarana dan prasarana maupun pembangunan perekonomian, yang diharapkan akan memberikan efek bagi kesejahteraan masyarakat Lampung Barat. 

"Untuk itu saya ingin mengajak semua pihak agar selalu mendukung siapapun pemimpin daerah ini, tentunya dengan program-program pembangunan yang lebih berpihak kepada kepentingan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Lampung Barat," ujarnya

Sementara menanggapi hal tersebut, Asisten Bidang pemerintahan dan kesra Provinsi Lampung Qudrotul Ikhwan, sebagai perwakilan Gubernur Lampung mengucapkan selamat kepada Bupati Lampung Barat H. Parosil Mabsus dan Wakil Bupati Lampung Barat dan seluruh jajaran atas keberhasilan dalam memajukan Daerah. Hal itu bisa dilihat dari Prestasi yang di terima Kabupaten Lampung Barat.

"Saya ucapkan selamat kepada seluruh jajaran Pemkab Lampung Barat dan seluruh elemen masyarakat. saya berharap kedepannya dapat lebih maju dan rakyat lebih berjaya," tuturnya.

Kemudian, Terus bekerja untuk terus mewujudkan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Pemprov akan selalu mendukung upaya pemkab Lambar dalam memajukan sektor pengelolaan kopi robusta yang merupakan komoditi asli Lampung barat.

Terakhir,  lanjutnya, Pemprov berharap agar Pemkab terus berikan pendanaan dan kemudahan untuk UMKM,  perkenalkan digitalisasi agar UMKM dapat terkanal luas jika menggunakan bantuan alat digital. (kmf)