Disdikbud Mesuji Jemput Refan Agar Sekolah Kembali

Suasana rangkaian penjemputan

BlogGua, Lampung - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mesuji menjemput Gefan Refando (11) untuk melanjutkan sekolah kembali. Bocah laki-laki tersebut, sebelumnya diketahui tengah putus sekolah dan kesehariannya bekerja sebagai pemungut singkong di seputaran jalan Desa Suka Agung Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Provinsi Lampung, Kamis (29/09/2022).

Disampaikan oleh Kepala Disdikbud Mesuji, Andi S Nugraha bahwa sesuai undang-undang pihaknya memiliki kewajiban untuk memberikan pendidikan yang sama kepada anak-anak. Oleh sebab itu, jelas Andi, bersama dengan orang tua, pengawas sekolah dan masyarakat yang ikut peduli hari ini mendaftarkan Gefan Refando ke SDN 01 Simpang Pematang untuk melanjutkan sekolah kembali.

"Sengaja kita datang hari ini bersama pengawas sekolah dan juga orangtuanya refan ke SDN 01 untuk mendaftarkan Gefan Refando masuk sekolah," ujar Andi.

Selain faktor ekonomi, lanjut Andi, ternyata terputusnya sekolah refan selama ini di karenakan data kependudukannya yang belum ada. Karena, jelasnya, memang orang tua refan sering berpindah-pindah tempat tinggalnya.

"Saya minta kepada pihak sekolah agar bisa menerima refan dan perlakukan Refan sama dengan anak-anak lainnya. Karena Refan juga punya hak yang sama dengan mereka, terkait data kependudukannya hari ini juga kami akan langsung berkordinasi dengan Disdukcapil agar dapat segera difasilitasi,"imbuhnya.

Sementara Ibu dari bocah laki-laki tersebut, Sri Utari yang kesehariannya bekerja sebagai penjemur limbah singkong (onggok) menuturkan, memang Refan dulu pernah sekolah kelas 1 di daerah Kabupaten Tulang Bawang. Namun karena bercerai dengan suami lalu pindah ke Mesuji, dari sejak itu lah Refan tidak lagi sekolah.

"Saya sekarang sudah menikah lagi tetapi Ayah tirinya Refan yang sekarang pun jarang di rumah karena bekerja sebagai sopir,"jelasnya.

Kendati itu, Sri Utari sangat terharu dan tidak bisa berbicara apa-apa lagi hanya ucapan terimakasih kepada Bapak/Ibu guru semuanya yang sudah mau membantu dan menyekolahkan Refan kembali.

"Saya pun siap untuk mendukung Refan sekolah kembali,"tandasnya dengan mata berkaca-kaca.

Disamping itu, pihak SDN 01 Simpang Pematang yang di wakili oleh Guru Kelas, Eko menyebutkan bahwa pihak sekolah siap menerima Refan dan siap memberikan pembinaan serta fasilitas pendidikan yang sama dengan anak-anak lainnya, bahkan untuk seragam dan perlengkapan sekolah Gefan refando pun, pihak SDN 01 siap menyediakan semuanya.

"Ya kami pihak sekolah tidak mungkin menolak anak yang mau sekolah disini mas,karena sama-sama kita ketahui bahwa semua anak itu memiliki hak yang sama. Jadi kami pasti siap untuk menerima dan membina refan sama dengan anak-anak lain nya. Kami juga akan siapkan baju seragam, sepatu, tas dan alat-alat sekolah lainnya untuk Refan. Karena kita tau keadaan Orang Tua Refan yang pekerjaannya hanya buruh penjemur onggok. Jadi kami semua dewan guru sepakat untuk membantu refan,"paparnya.

Sesuai dengan arahan Kepala Dinas tadi, lanjut Eko, terkait data kependudukan yang belum dimiliki oleh Gefan Refando  dari pihak sekolah akan langsung mengurus dan mengantarkan refan bersama orang tuanya ke kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil).

"Supaya Refan segera memiliki data kependudukan yang sah,"pungkasnya. (baginda)

0 Komentar

Silahkan Komentar