Sekda Pringsewu Buka Sosialisasi Penguatan Indeks Inovasi Daerah dan Kepemimpinan Kepala Daerah

Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi

BlogGua, Lampung - Sekretaris Daerah Kabupaten Pringsewu, Heri Iswahyudi mewakili Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah membuka kegiatan Sosialisasi Penguatan Indeks Inovasi Daerah dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah di Hotel Urban, Pringsewu, Lampung, Selasa (23/08/2022).

Dikesempatan tersebut, Heri Iswahyudi mengatakan inovasi sangat diperlukan dalam upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang menjadi muaranya.

"Inovasi-inovasi ini harus terus dilakukan. Biasanya kita ini kreatif kalau sudah mulai terdesak. Oleh karena itu, sebelum terdesak kita harus kreatif," ujarnya.

Menurutnya, negara-negara yang tidak mempunyai sumberdaya alam yang bagus biasanya lebih kreatif dan unggul di bidang inovasi, dibandingkan dengan negara-negara yang subur yang mempunyai SDA yang berlimpah, yang cenderung terlena.

"Dan, Pringsewu berada di antara hal tersebut, dimana sumberdaya alam Kabupaten Pringsewu tidak begitu bagus, sehingga diperlukan inovasi-inovasi itu," katanya.

Lebih lanjut diungkapkan Heri Iswahyudi bahwa pada tahun 2020 lalu, Kabupaten Pringsewu telah berhasil mengantarkan bupati pada saat itu untuk naik ke podium dengan memperoleh penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2020 dengan meraih peringkat ke-54. Penghargaan diberikan atas inovasinya dalam memajukan daerah serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun, pada 2021 turun ke peringkat 94.

"Pada tahun 2022 ini kita berharap dan menargetkan Penjabat Bupati Pringsewu bisa naik ke panggung," harapnya.

Sementara itu, Kabid Penelitian dan Pengembangan (Litbang) Bappeda Kabupaten Pringsewu Fenny Aprilia mengatakan tujuan dari diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan para peserta tentang Indeks Inovasi Daerah dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah. 

"Disamping untuk meningkatkan nilai Kabupaten Pringsewu dalam penilaian Indeks Inovasi Daerah dan Indeks Kepemimpinan Kepala Daerah," katanya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kepala Balitbangda Provinsi Lampung, Hamartoni Ahadis sebagai narasumber, Kepala Bappeda Pringsewu A.Fadoli dan sejumlah kepala perangkat daerah, kegiatan sosialisasi yang diikuti perwakilan perangkat daerah, RSUD serta UPT Puskesmas se-Kabupaten Pringsewu.(kmf/ Anton Hapsara)