Menteri BUMN Bersama Gubernur Lampung Bahas Ketahanan Pangan

Menteri BUMN, Erick Tohir sebelah kanan Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, Lampung - Turut berperan sekaligus mendorong pembangunan daerah Provinsi Lampung, Pemerintah Pusat melalui Menteri Badan Usaha Milik Negara Republik Indonesia (BUMN RI) mendukung ketahanan pangan melalui Optimalisasi Keberadaan Ekosistem BUMN.

Hal tersebut sebagaimana yang disampaikan Menteri BUMN, Erick Tohir saat didampingi Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi ketika mengahdiri Seminar Nasional Jilid 4 Maspro di Ballromm Hotel Novotel, Bandar Lampung, Lampung, Jum'at (05/08/2022).

"Tantangan Disrupsi Global berdampak kepada kedaulatan pangan nasional. Dimana harga pangan menunjukkan trend kenaikan pasca pandemi,"imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Erick,  BUMN melakukan 3 inisiatif untuk membangun ketahanan pangan, khususnya di Provinsi Lampung.

"Ekosistem Terintegrasi, Pendanaan Pertanian dan Pemberdayaan Wanita Prasejahtera,"jelasnya.

Dijelaskan Erick, Program Makmur sebagai Ekosistem Pangan terintegrasi yang bertujuan untuk Peningkatan Produktivitas serta Kesejahteraan Petani.

"Manfaat program makmur, yakni Peningkatan Produktivitas Pertanian, Peningkatan Pendapatan Petani, Adopsi Praktek Pertanian Unggul dan Penggunaan Sarana Tani Komersil,"ungkapnya.

Selain itu, masih kata Erick, BUMN juga mendorong Program Pendanaan Pertanian di Lampung melalui Penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Nasional Tahun 2022 dan untuk Pemberdayaan Wanita Prasejahtera telah dibentuk PNM Mekaar sebagai fasilitas pendanaan.

Disamping itu, Erick menjelaskan, BUMN juga berkomitmen untuk membangun Ekosistem Pariwisata dan Kesehatan.

"78% didominasi oleh turis lokal. Tol Trans Sumatera akan semakin meningkatkan potensi kunjungan wisata Provinsi Lampung dan sudah menjadi Komitmen BUMN untuk memperluas akses layanan medis berkualitas secara merata,"paparnya.

Untuk itu, sambung Erick, BUMN membangun Bakauheni Harbour City sebagai destinasi Pariwisata terpadu pertama di Sumatera.

"Bakauheni Harbour City (BHC) akan menjadi Creative Hub Masjid Raya pusat hiburan bagi wisatawan lokal khususnya di Sumatera dan Lampung, serta membuka lapangan pekerjaan dan menggerakan roda perekonomian UMKM,"urainya.

Diakhir Erick menegaskan, BUMN berkomitmen untuk terus membangun pemerataan dan keseimbangan ekonomi di daerah termasuk juga di wilayah Lampung.

"Saya yakin melalui kolaborasi dan kerjasama strategis antara BUMN dan Pemerintah Daerah. Kita bisa bersama-sama Memaksimalkan potensi sumber daya yang dimiliki, untuk memberikan manfaat dan kemajuan untuk masyarakat Lampung,"tandasnya.

Sementara, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi secara spesifik menyampaikan bahwa dalam meningkatkan indeks pembangunan manusia diperlukan sinergi antara Pemprov Lampung dengan BUMN melalui berbagai program pembangunan.

"Untuk mendukung komitmen ketahanan pangan dilaksanakan melalui optimalisasi keberadaan ekosistem BUMN – Bersinergi dengan Program Kartu Petani Berjaya Pemprov Lampung guna semakin meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Seluruh Kabupaten/Kota Provinsi Lampung," pungkasnya. (ulfa)