Di Yogyakarta, Arinal Gelar Dialog Bersama Mahasiswa Asal Lampung

Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi

BlogGua, SLEMAN - Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi menggelar dialog dengan mahasiswa asal Lampung yang menempuh studi di Yogyakarta dan Jawa Tengah di Bale Raos, Yogyakarta, Jum'at (10/12/2021).

Pada kesempatan itu, Arinal mengajak para mahasiswa ikut berperan memajukan daerah.

"Saya berharap, apapun profesi ataupun bidang yang digeluti, saudara sekalian dapat ambil bagian dan berperan dalam membangun Lampung ke depan," ujarnya.

Menurut Arinal, Provinsi Lampung membutuhkan SDM yang berkualitas dan menjadi generasi penerus pembangunan. 

"Oleh karena itu, saya berharap kepada anak-anakku mahasiswa sekalian, jika sudah menyelesaikan studi, jangan berhenti berkarya dan memajukan daerah Lampung, sebab kalian semua adalah ”Putra-Putri Lampung” yang memiliki peran dalam mewujudkan  cita-cita daerah Lampung yang kita cintai", tutur Arinal. 

"Seorang mahasiswa hendaknya tidak mudah menyerah, meskipun jauh dari keluarga dan orang-orang tercinta. Miliki target dalam hidup, kejar dengan usaha, doa dan tawakal," sambung Arinal.

Disamping itu, Arinal yakin, meskipun para mahasiswa tersebut berada di Yogyakarta. Tetapi hati dan jiwa mereka tetap berada di tanah lado, Provinsi Lampung yang tercinta. Pada bagian lain, Arinal mengingatkan mahasiswa Lampung di Yogyakarta untuk tetap berpegang teguh dengan nilai Budaya Lampung.

"Saya ingin berpesan bahwa kita adalah keluarga besar Sai Bumi Ruwa Jurai yang menganut budaya dengan sebutan ”Piil Pesenggiri”. Budaya ini merupakan falsafah Lampung bahwa masyarakat Lampung gemar bergaul, terbuka dan sangat menjunjung nilai-nilai kesopanan dan kesantunan," katanya.

Untuk itu, Arinal berharap nilai-nilai budaya tersebut masih diingat, dilestarikan dari generasi ke generasi dimanapun berada, selama hayat masih di kandung badan.

Seperti diketahui, kunjungan Gubernur Lampung ke Provinsi DI Yogyakarta kali ini, selain dalam rangka peningkatan kapasitas Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) dan pengembangan UMKM, juga untuk mempererat jalinan silaturahmi bersama mahasiswa dan masyarakat Lampung.  

Terkait hasil pembangunan Lampung, Arinal menyampaikan kepada para mahasiswa, bahwa sejak dilantik oleh Bapak Presiden RI pada 12 Juni 2019, dirinya sudah membangun konsolidasi internal, koordinasi eksternal, dan komunikasi dengan semua elemen.

Hal itu dilakukan untuk mengeksplorasi kondisi terkini pembangunan Provinsi  Lampung sekaligus membangun  komitmen bersama seluruh pemangku kepentingan termasuk dengan Pemerintah Pusat untuk meningkatkan daya saing.

Provinsi Lampung memiliki Visi : Rakyat Lampung Berjaya, yaitu kondisi masyarakat yang Aman, Berbudaya, Maju, Berdaya Saing, dan Sejahtera.

Terdapat beberapa inovasi terkait Agenda Kerja Utama yang sudah dan sekarang sedang dilakukan oleh Provinsi Lampung, antara lain: Kartu Petani Berjaya sebagai terobosan digitalisasi sektor pertanian; Smart Village dalam upaya mendorong tata pemerintahan desa yang baik, memperkuat partisipasi masyarakat desa dan kelembagaannya; Smart School dan Kartu Pendidik Berjaya. 

Diakhir Arinal menyampaikan, berbagai program/proyek strategis lainnya juga terus dikembangkan di Provinsi Lampung, seperti Kawasan Terintegrasi Pariwisata Bakauheni (Bakauheni Harbour City), Kawasan Industri, pembangunan Rumah Sakit Internasional di Kawasan Bandara Radin Inten II, dan lainnya. (Adpim)