Pemerintah Lampung Utara Lakukan Vaksinasi Terhadap Pedagang di Pasar

Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara, Hendri

BlogGua, Lampung Utara – Pemerintah Daerah Kabupaten Lampung Utara melalui Dinas Perdagangan tengah melakukan kegiatan Swab Antigen dan Vaksinasi untuk masyarakat pasar atau pedagang yang terlaksana di tiga titik.

Hal tersebut sebagaimana yang dijelaskan oleh Kepala Dinas Perdagangan Kabupaten Lampung Utara, Hendri kepada awak media di ruang kerjanya, Kamis (09/09/2021).

"Ada lima puluh tiga pasar yang tersebar di Lampung Utara yang dibagi menjadi tiga kriteria, yaitu Pasar Pemda, Pasar Desa, dan Pasar Pribadi,"imbuhnya.

Dimana, kata Hendri, dari lima puluh tiga titik tersebut sudah sebanyak tiga titik yang dilaksanakan kegiatan swab antigen dan vaksinasi, yaitu di Pasar Dekon Kotabumi hanya dilakukan swab antigen, Pasar Central Kotabumi dilakukan swab antigen dan vaksinasi, dan Pasar Propau Kotabumi dilakukan swab antigen dan vaksinasi. Dari ketiga pasar tersebut dinyatakan tidak ditemukannya warga yang terjangkit virus Covid-19.

“Alhamdulillah sudah tiga titik yang kita lakukan swab dan vaksinasi, dan di tiga titik tersebut juga tidak kita temukan yang terjangkit virus Covid-19,” katanya.

Selain itu Hendri mengatakan, kegiatan ini juga bekerjasama dengan pihak Dinas Kesehatan Lampung Utara, dimana kegiatan ini ditargetkan akan rampung dalam bulan September 2021. Meski sudah ditargetkan sedemekian, namu kegiatan vaksinasi itu juga tetap dijalankan sesuai dengan prosedur dan kesediaan cairan vaksin.

“Tapi kita tidak dapat menentukan pasti rampung dalam bulan ini, cuma kita targetkan sementara akan rampung pada bulan September ini,” jelasnya.

Dalam hal ini Hendri menghimbau kepada masayrakat khususnya para pedagang baik yang sudah divaksin ataupun belum divaksin untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, yaitu 5M dengan arti Memakai masker, Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, Menjaga jarak, Mengurangi mobilitas, dan Mengurangi kerumunan.

“Meski sudah divaksin harus tetap mematuhi protokol kesehatan, karena meski kita sudah divaksin kalau tidak mematuhi protokol kesehatan juga tidak bakalan seimbang, ini agar Lampung Utara segera pulih dari pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (Shanti)