Ditegur Pemprov, Bupati Lampung Barat Evaluasi Kinerja Satgas Covid-19

Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus (Topi Merah)

BlogGua, Lampung Barat - Setelah mendapat teguran dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung terkait zonasi penyebaran covid-19 masih masuk zona oranye yang dimungkinkan karena ketidak sinkronan data, Bupati Lampung Barat, H. Parosil Mabsus evaluasi kinerja Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Lampung Barat.

"Satgas sekolah harus tahu tupoksi, bila perlu petugas puskesmas standby disetiap sekolah. Jangan abai, puskesmas dan camat harus tinjau KBM tatap muka di sekolah masing-masing terkait protokol kesehatan," seruan keras Bupati Parosil kepada Satgas Covid-19 dalam agenda Rapat Evaluasi Penangan Covid-19 Kabupaten Lampung Barat di Aula Dinas Kesehatan Lampung Barat, Kamis (09/09/2021).

Dijelaskan juga oleh Bupati Parosil, padahal menurut hemat Satgas covid-19, Lampung Barat sudah masuk di zona kuning. Namun, setelah dipelajari banyak kasus bulan Agustus baru dilaporkan di bulan September. Dengan begitu, lsambung Bupati Parosil, ini harus ada yang dievaluasi utamanya apabila ada sumbatan komunikasi dan informasi. Jadi, masih kata Bupati Parosil, puskesmas harus memberikan informasi lebih cepat dan aktif. Jangan kejadian minggu kemarin baru dilaporkan minggu ini.

"Seperti yang kita ketahui, penanganan Covid-19 kita terbaik di Lampung dan itu diakui pemerintah pusat, tapi kok zona kita tidak sinkron. Maka ini harus menjadi perhatian untuk segera ditidaklanjuti walaupun fakta di lapanagan kasus sudah rendah," cetus Bupati Parosil.

Disamping itu Bupati Parosil menegur keras satgas covid-19 bahwa yang tidak kalah penting, kasus terkonfirmasi di sekolah bukan klaster sekolah, tapi klaster keluarga. Meski begitu, Bupati Parosil tetap meminta kepada seluruh Camat dan Kepala Puskesmas jangan terlena karena keluar dari level 4.

"Kita harus bisa turun ke Level 2 dan masuk zona kuning,"imbuhnya.

Diakhir Bupati Parosil meminta Ketua satgas dan semua konponen pada semua level satuan tugas Covid-19 Lampung Barat agar terus berupaya menekan angka terkonfirmasi dengan target zona kuning atau level 2, seraya mengatakan,"Dengan harapan mudah-mudahan Covid-19 segera berakhir,"pugkasnya.

Tampak hadir dalam acara, Bupati Lampung Barat (Lambar), Parosil Mabsus yang juga ketua Satuan Tugas (Satgas) penanganan dan pencegahan Covid-19, Wakil Bupati Drs. Mad Hasnurin, Sekretaris Daerah Lambar Akmal Abd Nasir SH., kepala Perangkat Daerah, Seluruh Camat dan Kepala Puskesmas yang ada di Lambar. (Dikominfo)