Bupati Pesibar Resmikan Gedung Puskesmas Bengkunat Belimbing

BlogGua, Pesisir Barat - Bupati pesisir Barat H. Agus Istiqlal menghadiri acara peresmian UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing, Rabu (5/8/20).

Kegiatan dibuka dengan tari ngantak pengasan, kemudian menyayikan lagu Indonesia Raya serta menyayikan lagu mars Kesehatan.

Disampaikan Ketua Panitia Pelaksana sekaligus Kepala Dinas Kesehatan, Tedi Zadmiko terkait lokasi saat ini pembangunan bahwasanya demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang sebelumnya keberadaan puskemas tersebut lumayan jauh sekitar perjalanan lebih kurang 5 km dari jalan raya oleh karenanya lokasi puskesmas bangkunat ini dibangun jauh lebih dekat dengan jalan raya lebih kurang 210 Meter mengunakan dana DAK.

Selanjutnya disampaikan oleh tokoh masyarakat setempat bapak Mujis Abdullah bahwa Kecamatan Bangkunat salah satu yang memiliki Puskesmas Rawat inap di Kabupaten Pesisir barat.

Hal tersebut Selaku masyarakat tentunya beliau menyampaikan apresisi dan ucapkan terimakasih kepada bupati definitif saat ini. Selain itu sebagai tokoh masyarakat beliau berharap agar pelayanan kepada masyarakat dapat ditingkatkan lagi.

Bupati Pesisir Barat pada kesempatan tersebut menyampaikan dalam sambutanya dilaksanakan oleh semua komponen masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya, sebagai sumber daya manusia yang produktif secara sosial dan ekonomis.

Patut kita syukuri bersama, lanjutnya, hari ini adalah peresmian gedung baru Puskesmas Bengkunat Belimbing yang merupakan salah satu puskesmas yang mendapatkan pembangunan gedung baru di tahun 2019 melalui anggaran dana alokasi khusus dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

"Sebagai bentuk upaya nyata pemerintah untuk mendekatkan akses masyarakat akan pelayanan kesehatan masyarakat yang berkualitas,"imbuhnya.

Diketahui bahwa UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing termasuk puskesmas non rawat inap yang saat ini berproses untuk menjadi puskesmas rawat inap. Sesuai dengan izin operasional puskesmas yang diterbitkan oleh Pemerintah Daerah melalui Dinas Perizinan dan Penanaman Modal Satu Pintu Kabupaten Pesisir Barat.

Dengan diresmikannya UPTD Bengkunat Belimbing, kata Bupati, maka saya minta kerjasama BPJS Kesehatan dan puskesmas dapat berjalan dengan baik.

"Pada kesempatan ini, saya menghimbau kepada kita semua yang hadir baik dari pihak pemerintah, swasta, tokoh adat, tokoh agama maupun tokoh masyarakat untuk bisa mensosialisasikan keberadaan gedung UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing ini supaya bisa berfungsi untuk melayani masyarakat sebagaimana mestinya,"ujar bupati.

Selanjutnya, bupati juga menghimbau kepada seluruh petugas, baik dari tenaga administrasi sampai ke tenaga medis yang berada di Kabupaten Pesisir Barat untuk berkelakuan baik, sopan, ramah dalam bertutur kata, fungsikan diri sebagai pelayan bukan sebagai raja.

"Ingat ! kita sudah disumpah untuk mengabdi dan melayani serta mengayomi masyarakat dengan baik demi terwujudnya pembangunan manusia seutuhya,"kata bupati.

Selain itu bupati juga berharap agar gedung baru Puskesmas Bengkunat Belimbing ini di jaga bersama baik pemerintah maupun masyarakat. Karena gedung ini adalah aset atau fasilitas umum yang digunakan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat, khususnya yang ada diwilayah kerja Puskesmas Bengkunat Belimbing.

Begitupun dengan jajaran Dinas Kesehatan khususnya Kepala Puskesmas Bengkunat Belimbing dan Staf.

"Saya berharap agar gedung baru ini dapat menjadi motivasi dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dan kepada masyarakat saya himbau untuk ikut peduli, berperan aktif dalam mencegah, mengatasi masalah kesehatan yang ada sehingga masyarakat kecamatan bengkunat belimbing menjadai masyarakat yang sehat, mandiri dan sejahtera," pinta bupati.

Pada kesempatan tersebut Buapti Pesisir Barat membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara simbolis ke Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang dibiayai oleh Pemerintah Daerah Provinsi Lampung tahun anggaran 2020 yang sudah diterbitkan tahap 1 tahun 2020 berjumlah 814 kartu dan nanti akan ada tahap 2. Kartu ini akan di bagikan melalui Kepala Puskesmas mulai dari Kecamatan Lemong sampai dengan Bengkunat Belimbing.

Bupati juga berharap agar kartu ini dapat di distribusikan kepeserta langsung oleh puskesmas, sehingga peserta dapat memanfaatkan kartu tersebut sesuai dengan fungsinya.

Bupati juga menyampaikan terkait Pembangunan yang ada pada saat ini merupakan hak warga dan merupakan kewajiban sebagai putera daerah Kabupaten Pesisir barat.

Bupati minta kepada paramedis di Pelayanan kesehatan UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing agar melayani para pasien mengutamakan tegur, sapa dan salam.

"Hal tersebut dapat menjadi suatu terapi bagi pasien bahwasanya ketika mereka sampai di puskesmas saja pasien sudah merasa sembuh," pungkasnya.

Selanjutnya bupati melakukan penandatanganan prasasti dan pemotongan pita tanda diresmikanya UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing Kecamatan Bangkunat Kabupaten Pesisir Barat provinsi Lampung. Usai memeriksa beberapa ruang pelayanan yang ada di UPTD Puskesmas Bengkunat Belimbing.

(wari)||editor:pzr