Jajaran Pengurus Fokus ALAM Kabupaten Tanggamus, Bersilaturahmi dengan Sekda Tanggamus

BlogGua,Tanggamus, – Jajaran pengurus Forum Koordinasi Adat, LSM dan Media ( Fokus ALAM) Kabupaten Tanggamus, bersilaturahmi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten setempat, Hamid H Lubis, diruang kerjanya. Senin, 23 September 2019.Dalam kesempatan itu, Fokus ALAM juga menyampaikan program kerja forum yang akan dilaksanakan. Sekda berharap kedepan dapat terus bersinergi untuk Kabupaten Tanggamus lebih baik.


Disela pertemuan Sekda Hamid H Lubis, mengatakan, kunjungan Fokus ALAM ini patut diapresiasi mewakili Pemerintah Tanggamus.

Dalam momen ini, kedepan dapat tercipta Sinergitas, Kerjasama dan Kemitraan yang harus lebih ditingkatkan antara pemerintah dengan perangkat adat, untuk kelestarian adat yang ada.

Sekda melanjutkan, banyak program – program yang akan dan sedang dilaksanakan kedepannya, salah satunya mensukseskan 55 aksi Bupati Tanggamus. Semua itu tidak terlepas dari dukungan masyarakat, tokoh ada, Ormas/LSM dan Media, yang paling utama, akan melakukan pembelian lahan untuk adat pesisir dan pepadun.

Tahun 2021, akan dibangun rumah adat dari dua keadatan ini, yang nntinya akan difungsikan sebagai pusat kegiatan adat pesisir dan pepadun. Kemudian akan menjadi museum mini dan harapan kedepan menjadi pusat pariwisata juga.

“Semuanya diserahkan konsep dan musyawarahnya kepada keadatan, mulai dari bentuk sampai pelaksanaannya. Pemerintah Daerah akan memfasilitasi pengadaan dan pembangunannya,mohon dukungan seluruh masyarakat,”jelasnya.

Ditempat yang sama, Haryadi, Pangeran Yuda Mahkga dari Pekon Sukaraja, Kecamatan Gunung Alip menyampaikan usulan kepada Pemkab untuk menerapkan penggunaan bahasa dan pakaian adat lampung dalam sehari-hari. Termasuk pelestarian bahasa Lampung di sekolah dasar.

Sebelumnya perlu diketahui, terbentuknya Fokus ALAM terdiri dari adat Marga Buay Nyata, Buay Belunguh, Buay Tukhgak, LSM MP3, LSM KOLEGAN dan dari media online yang tergabung di Aliansi Jurnalistik Online Indonesia (AJOI) DPC Tanggamus.

Dikesempatan yang sama, Ketua Fokus ALAM, Robinson menyampaikan program kerja yang akan laksanakan kedepan antara lain, melestarikan adat dan budaya lampung yang ada di Tanggamus, ikut mengawal dan mendukung program 55 aksi Bupati.

Kemudian bersenergi dengan Pemkab untuk memajukan dan melestarikan adat lampung khususnya dan adat – adat, mendorong pembangunan Lamban Agung yang dapat juga di fungsikan untuk musium mini. (Tim AJOI)

Posting Komentar

Silahkan Meninggalkan Komentarnya

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget