Rayakan HUT RI, Kabupaten Tanggamus Inisiasi Festival Islami

BlogGua, Tanggamus -Persatuan Mahasiswa Tangggamus (Permata) bersama Yayasan Pendidikan Al-Quran Al-Mursyid Tanggamus menginisiasi festival islami bertajuk Tanggamus Islamic Festival. Acara yang akan berlangsung hingga 26 Agustus 2019 ini diselenggarakan dalam rangka memeriahkan peringatan HUT ke-74 RI.

"Tanggamus Islamic Festival ini merupakan acara yang pertama kali digelar di Kabupaten Tanggamus, yang Insya Allah akan dilaksanakan selama tiga hari (24-26/ 8)," ujar Alvindra selaku Ketua Yayasan Al-Mursyid dalam sambutannya.

Menurut Alvindra, kegiatan ini bertujuan untuk menjaring potensi dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus, khususnya di bidang MTQ, sehingga menghasilkan bibit-bibit unggul asli Tanggamus.

Ajang yang memperebutkan piala bergilir Sekretaris Daerah Kabupaten Tanggamus ini terdiri dari lima cabang lomba, yakni Lomba Tahfidzul Qur'an, Qiroatil Qur'an, Hafalan Surat Pendek, Kultum, dan Lomba Adzan. Perhelatan perdana ini pun sangat menarik antusias warga. Hal ini tampak dari jumlah peserta yang mencapai 280 peserta dari kalangan pelajar baik sekolah negeri, sekolah Islami, maupun pondok pesantren se-Kabupaten Tanggamus.

“Kami juga tidak menyangka pesertanya sebanyak ini. Ini lebih dari target awal panitia,” ujar Muhammad Al-Ashimi, Ketua Umum Permata dalam sambutannya.

Acara dibuka oleh Usman Mursyid selaku Ketua Dewan Pendiri Permata, di Aula Sekretariat Permata, tadi pagi. Dalam sambutannya, Usman menyemangati para peserta sebelum mengajak seluruh peserta dan tamu undangan untuk membaca Ummul Surat yakni Surat Al-Fatihah bersama, sebagai tanda pembukaan acara lomba.

“Saya dari kecil itu ikut banyak lomba, adik-adik, tidak pernah juara. Tapi alhamdulillah bisa bikin acara lomba,” katanya.

Sementara itu, malam puncak sekaligus penutupan akan dihelat pada Senin Malam, 26 Agustus 2018 dengan penyerahan Piala Bergilir oleh Sekda Kabupaten Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis sekaligus sebagai Ketua Dewan Pembina Permata. Ke depan, kegiatan ini diharapkan akan menjadi ajang tahunan Kabupaten Tanggamus sekaligus sebagai bentuk dukungan untuk poin pertama 55 Aksi Pembangunan Bupati Tanggamus, yakni Memberantas Buta Aksara Al-Quran.

"Kami sangat berterimakasih atas antusiasme seluruh masyarakat Tanggamus, dalam mengikuti Tanggamus Islamic Festival ini," kata Asa Izzati, Ketua Pelaksana kegiatan.(rilis)

0 Komentar

Silahkan Komentar