PLTA Semaka Tanggamus Diresmikan Bupati Dewi Handajani

Bloggua CN, Tanggamus – Bupati Tanggamus, Dewi Handajani, secara simbolis meresmikan PT.Tanggamus Elektronik Power (TEP), PLTA Semaka 2x28 MW, di blok 10 register 39, Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka, Kabupaten setempat. Kamis 15 November 2018.


Dalam sambutannya, Bupati Dewi menyampaikan apresiasi dan terima kasih serta ucapan selamat datang kepada Mister Kim chang Beom, Duta Besar Negara Korea Selatan beserta rombongan.


Perlu disampaikan bahwa, Kabupaten Tanggamus mempunyai banyak potensi destinasi wisata yang bervariasi mulai dari objek wisata laut sampai pegunungan. Seperti wisata laut Teluk Kiluan, Pantai Gigi Hiu, Pantai Muara indah, Pantai sepanjang Teluk Semaka, Air terjun Way Lalaan, Air terjun Lembah Pelangi, Mata air panas Ulubelu, Bendungan Batu Tegi dan banyak lagi.


Maka berharap dalam hal ini, kebutuhan akan sumber daya listrik sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap manusia, terlebih di era globalisasi saat ini. Karena sesungguhnya listrik memiliki peranan yang sangat penting dalam menggerakkan setiap aktivitas manusia, terutama dalam menggerakkan roda perekonomian.


“Tanpa adanya sumber energi listrik, tidak dapat membayangkan bagaimana jadinya kehidupan manusia di masa kini maupun di masa yang akan datang,”ujarnya.


Masih menurut Bupati Dewi, pada hari ini bersama-sama hadir dalam peresmian operasional PLTA way semaka 2 × 28 MW di Pekon Sidomulyo, Kecamatan Semaka, oleh PT Tanggamus Electric Power (PT.TEP).


Dari data yang ada, proses pelaksanaan proyek PLTA Way Semangka ini sudah di mulai sejak tahun 2011 lalu, setelah mengeluarkan Izin Prinsip melalui surat Nomor 050/160/20 fispra/2018 tanggal 8 April 2011 perihal rencana pembangunan energi power oleh PT TEP energi.


Dengan adanya PLTA yang memanfaatkan sumber daya air di wilayah ini, maka masyarakat dan difasilitasi oleh PT TEP. Diharapkan mampu melestarikan sumber daya alam dan menjaga lingkungan yang ada serta dapat menciptakan sumber lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat.


Sementara itu, Manager PT TEP, Kim Min Ho mengucapkan terima kasih atas dukungan dari Pemprov Lampung, ke Tanggamus dan masyarakat sehingga PLTA di semaka bisa beroperasi.


“Proyek PLTA Semangka ini awalnya dibahas saat pulang dari Bali, Setelah itu kami berbicara mengenai rencana Pemkab PLTA, kebetulan Lampung masih krisis listrik, sehingga April 2011, Saya berjanji akan menyelesaikan pembangunan PLTA dan janji itu sudah saya penuhi dengan telah beroperasinya PLTA ini, diharapkan dapat mencukupi kebutuhan listrik Lampung pada umumnya dan Tanggamus pada khususnya,”ujarnya. (rilis kominfo/ls/red)