Pelepasan Ekspor Pisang Mas Tanggamus

BlogGua CN, Tanggamus - Pelepasan Ekspor Pisang Mas kemitraan PT. Great Giant Pineapple (GGP) dengan Koperasi Tani Hijau Makmur Kabupaten Tanggamus ke Singapura oleh Dirjen Hortikultura dari Kementerian Pertanian Republik Indonesia.


Acara berlangsung di Dusun IV Sailing, Sumberejo dan dihadiri langsung oleh Dirjen Hortikultura Kementerian pertanian RI, Spudnik Sujono Kamino, Bupati Tanggamus, Hi. Samsul Hadi, Kepala dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Lampung yang diwakili oleh KUPTD BPSB Fauzi dan Direksi PT. GGP Wely Sugiono.


Dalam Sambutannya Direktur Jendral Holtikultura Kementerian pertanian RI menyampaikan, bahwa Ini adalah tugas pertamanya dari Kementerian pertanian RI yang ditunjuk langsung oleh Presiden RI Joko Widodo dan para petani di Tanggamus ini adalah salah satu contoh Berkembangnya pertanian di lampung, untuk dilampung yang dipilih adalah perusahaan besar seperti PT. Great Giant Pineapple (GGP) yang berdomisili di Gunung Sugih Lampung Tengah, yang menaungi serta mengawasi dan akan membantu para petani khususnya dalam hal bibit, Pupuk dan lain sebagainya sampai berkembang, selain Pisang mas Kementerian juga akan menyalurkan Bibit seperti Petai, Jengkol atau apapun yang menjadi kebutuhan para petani.


"Kami akan bantu dari Holtikultura pertanian RI, bibit jengkol, Petai dll, saya lihat untuk Manggis di Tanggamus sudah ada, itu harus di kembangkan lagi karena kita sudah punya pasar untuk ekspor ke Cina dan semua permintaan itu harus diajukan melalui Proposal ke Kementerian Holtikultura pertanian RI, apa saja akan kami berikan, karena peluang untuk ekspor kita sangat besar, " ucap Dirjen Holtikultura Pertanian RI.


Bupati Tanggamus Hi.Samsul Hadi M.Pd.I juga mengucapkan, rasa terimakasihnya atas bantuan dari Dirjen Holtikultura Pertanian RI dan Perusahaan PT. GGP, Di tanggamus selain Pisang mas, ada Durian Kajang dan Manggis Saburai khas Tanggamus, dan juga Para petani saat ini sedang mengembangkan Jambu Kristal dan Papaya California, Potensi pertanian yang ada di Kabupaten Tanggamus sangat besar.


Samsul Berharap kegiatan Ekspor ini dapat memacu semangat para petani-petani lain untuk dapat terus berinovasi sehingga dapat menghasilkan komoditi tanaman yang unggul dan siap untuk di ekspor, langkah ekspor ini terbilang baik karena singapura menerapkan standar mutu dan kesehatan yang sangat tinggi untuk impor produk pertanian.


Pimpinan PT. Great Giant Pineapple Wely Sugiono mengatakan, pelepasan ekspor Pisang mas menunjukan ada komoditi lain yang bisa lebih unggul, agar Lampung tidak hanya fokus pada singkong, harus mencari alternatif lain yaitu Pisang Mas Tanggamus dan dirinya melihat potensi yang ada di Tanggamus selain komoditi pisang mas, ada produk komoditi lainnya.


|Rudi, wartawan BlogGua CN mengabarkan.

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget