DPRD dan Pemkab Tanggamus, Bahas Perbup Kepariwisataan

BlogGua CN, Tanggamus - Pengembangan pariwisata Kabupaten Tanggamus terus di galakan. Untuk itu dalam pembangunannya membutuhkan dukungan dari seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Tanggamus.


Hal tersebut diutarakan saat rapat membahas draft peraturan bupati (perbup) tentang pengembangan terpadu kepariwisataan di Kabupaten Tanggamus, diruang ketua DPRD Tanggamus, Kamis (9/11).


Hadir dalam rapat, Sekretaris Dewan, Suratman, Kepala Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya Mega, Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu Supardi Syarkawi, Sekretaris Dinas Pariwisata Eko Turyono, Sekretaris Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman, Ahmad Yani dan Andi Kholil perwakilan dari Bagian Hukum Setkab Tanggamus.


Menurut Sekwan Suratman, pembangunan pariwisata di Tanggamus selama ini tidak begitu signifikan hal ini karena OPD masih bersifat ego sektoral sehingga terbatas bagi OPD lain.


"Adanya keroyokan dari OPD ini merupakan inovasi kami agar Tanggamus lebih cepat dalam pengembangan pariwisata dengan mengikutsertakan OPD, tujuannya kalau bersama maka akan semakin cepat, " ujar Suratman.


Ditambahkan Suratman bahwa Tanggamus memiliki potensi menjadi daerah tujuan pariwisata sebab masih ada 86 objek pariwisata yang sampai saat ini belum terkelola secara maksimal.


"Wisata yang belum terkelola itu rinciannya wisata bahari 35 objek, wisata alam 14 objek, wisata alam buatan 5 objek, wisata alam tirta 36 objek dan wisata budaya ada 5 objek. Ini kalau dikelola secara maksimal maka akan menambah pendapatan daerah, " kata dia.


Agar OPD dapat berkontribusi dalam pengembangan pariwisata maka diperlukan payung hukum sehingga memiliki regulasi yang jelas. "Ini diawali dengan perbup nantinya akan berlanjut menjadi rancangan peraturan daerah (ranperda) inisiatif DPRD, harapan kami dengan adanya rapat ini bisa ada masukan dari OPD, " terang Suratman.


Sementara itu, Kepala Bappeda Tanggamus Hendra Wijaya Mega menyambut positif adanya perbup mengenai pengembangan pariwisata di Tanggamus ini. Sebab menurut dia, saat ini perbup pariwisata baru untuk Kawasan Wisata Muara Indah, sementara perbup yang akan dikeluarkan ini untuk mencakup semua objek pariwisata.


"Bappeda menyambut positif kagiatan ini karena bagian misi dari Tanggamus yakni pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Wujud dukungan kami yakni dari sisi penganggaran, baik di APBD 2018 maupun 2019 begitu juga dengan rencana kerja (Renja) yang disesuaikan", pungkas Hendra seraya meminta dukungan peran media dalam pengembangan pariwisata.


*|Rudi, mengabarkan.

0 Komentar

Silahkan Komentar