Jon Edwar Paparkan Fungsi Penting e-KTP Bagi Pelajar

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP) merupakan dokumen kependudukan yang penting bagi setiap Warga Negara Indonesia (WNI), dimana e-KTP menjadi dokumen dasar atau awal dalam penerbitan dokumen lain, sekaligus juga menjadi syarat penting untuk bisa ikut memeriahkan pesta demokrasi dan menggunakan hak pilih pada perhelatan Pemilu 2024 mendatang. Selain itu e-KTP juga digunakan untuk mendapatkan beragam layanan dan fasilitas dibidang kesehatan, jaminan kesejahteraan sosial, pendidikan, asuransi dan layanan.

Untuk itu, Penjabat Sekretaris Daerah Pesisir Barat (Pj Sekda Pesibar), Jon Edwar mengajak semua generasi untuk bersatu padu menyukseskan berbagai program yang telah dicanangkan pemerintah, khususnya Pemkab Pesibar sekaligus meminta siswa/siswi berusia 16 tahun keatas agar segera melakukan perekaman e-KTP.

"Mari bersama-sama menyatukan langkah dan mendukung program-program pembangunan di Pesibar menuju masyarakat adil, makmur, dan sejahtera," imbuh Jon Edwar saat menghadiri acara Penyerehan 42 lembar e-KTP secara simbolis kepada pelajar MAN 1 Krui yang diserahkan langsung oleh Ketua Tim Penggerak-Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Pesisir Barat (TP-PKK Pesibar), Septi Istiqlal di aula MAN 1 Krui, Pesisir Tengah, Pesisir Barat, Lampung, Rabu(17/01/2023).

Septi Istiqlal menyampaikan, kegiatan penyerahan e-KTP ini merupakan salah satu wujud komitmen Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pemkab Pesibar) melalui Disdukcapil sesuai dengan amanat Undang-Undang (UU) Nomor 24 Tahun 2013 tentang administrasi kependudukan, salah satunya yaitu memaksimalkan perekaman e-KTP agar masyarakat, khususnya para pemilih pemula terpenuhi dokumen kependudukannya dan tidak kehilangan hak memilih pada perhelatan pesta demokrasi Pemilu 2024.

"Semoga dengan hadirnya pelayanan keliling, jemput bola ke sekolah ini dapat meningkatkan kesadaran bersama akan pentingnya kepemilikan administrasi kependudukan (adminduk), khususnya e-KTP," harapnya.

Menurut Septi Istiqlal pentingnya memiliki e-KTP diantaranya untuk memudahkan para pelajar di Pesibar memperoleh fasilitas pelayanan publik.

"Karena data adminduk merupakan dasar pengurusan pelayanan dibanyak sektor, seperti kesehatan, bantuan sosial, dan berbagai urusan adminstrasi lainnya," jelas Septi Istiqlal seraya berpesan agar para pelajar dapat menggunakan e-KTP dengan baik, sesuai dengan aturan yang berlaku. (ZoTu-kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar