Mulyadi Irsan Ajak Warga Hapuskan Semua Aktivitas Perusak Lingkungan, Laut dan Negara

Momen kegiatan

BlogGua, Lampung - Hari Nusantara yang diperingati Warga Negara Indonesia setiap tanggal 13 Desember merupakan penegasan bahwa Indonesia adalah Negara Kepulauan terbesar di dunia. Potensi sumberdaya kelautan Indonesia dengan nilai kurang lebih 3000 triliun rupiah per tahun belum tergarap secara maksimal.

Untuk itu, melalui acara peringatan Hari Nusantara ini, Penjabat Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan mengajak untuk menghapuskan semua aktivitas yang merusak lingkungan, sumber daya kelautan dan merugikan negara, baik yang dilakukan oleh masyarakat sendiri, terlebih lagi oleh bangsa asing.

"Kita harus memiliki komitmen bahwa laut harus mensejahterakan rakyat Indonesia, dan kita harus berdaulat di atas laut kita sendiri," imbuh Mulyadi Irsan saat menghadiri sekaligus membuka Gebyar Hari Nusantara Tahun 2023 di lapangan merdeka Kecamatan Kota Agung Kabupaten Tanggamus Provinsi Lampung, Rabu (27/12/2023).

Dengan ditandai pemukulan Gong, acara tersebut dibuka dan diharapkan menjadi sebuah momen guna mengindikasi bahwa salah satu komintmen Tanggamus secara optimal memanfaatkan potensi laut. Kemudian gerakan membangun pesisir Tanggamus yang menjadi cikal bakal mengeksplor hasil laut di Tanggamus.

"Kita ingin nelayan di wilayah Tanggamus meningkat pendapatannya dan kita ingin potensi lautnya berhasil serta kita ingin di semua OPD bergerak bersama semua, saling bahu-membahu untuk pembangunan di wilayah pesisir Tanggamus," ucapnya.

Untuk itu, Mulyadi mengajak semua untuk mengsukseskan kegiatan Gebyar Nusantara yang mengusung tema Melalui Hari Nusantara, Gerakan Membangun Pesisir Tanggamus (Gempita) tersebut.

Di sela kegiatan acara telah dilaksanakan pula penyerahan secara simbolis bantuan untuk nelayan, penyerahan dokumen kapal dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba. Selain itu, terkait pelaksanaan kegiatan pasar malam ini, Mulyadi hanya berharap agar panitia dan dibantu oleh peserta kegiatan acara, untuk senantiasa agar:

  1. Menjaga kebersihan, keamanan dan ketertiban;
  2. Dapat menjaga fasilitas umum di Lapangan Merdeka Kota Agung;
  3. Bersama aparat kepolisian dan dishub agar ikut menjaga keamanan dan ketertiban lalu lintas.
  4. Panitia memfasilitasi adanya petugas keamanan dan petugas parkir, yang menjaga keamanan pengunjung dan kendaraannya. 

Laporan Ketua Pelaksana, Mastang mewakili Kadis Kelautan dan Perikanan Tanggamus mengatakan maksud dan tujuan pelaksanaan penyelenggaraan kegiatan ini, juga sebagai salah satu wujud dalam menyelenggarakan percepatan perekonomian di Kabupaten Tanggamus.

Dengan konsep blue ekonomi serta mempererat tali silahturahmi antara instansi dan masyarakat dalam menemukan rasa nasionalisme terhadap NKRI.

"Tujuan pelaksanaan untuk mensosialisasikan program gerakan pembangunan pesisir Kabupaten Tanggamus yang diciptakan oleh Pj. Bupati Tanggamus yaitu GEMPITA," katanya. (ZoTu-kmf)

0 Komentar

Silahkan Komentar